Tekanan Pekerjaan Bawa Kematian

Setiap pekerjaan tentu memiliki risiko. Pekerjaan termudah tiap hari pun bisa saja membuat para pekerja merasa tertekan. Jangan anggap remeh tekanan yang Anda alami di lingkungan kerja, sebab bisa membawa kematian.

Penelitian Tarani Chandola menyebutkan, tekanan selama bekerja akan berisiko pada jantung, sekaligus mempengaruhi sistem internal dalam tubuh. Bukan main-main, risetnya ini merupakan sebuah perjuangan panjang yang melibatkan sekitar 10.000 sukarelawan.

Rupanya tekanan selama bekerja akan membuat perubahan secara kimia pada sistem biologis manusia, dan lebih buruk dibandingkan yang diduga semula.

"Studi ini melibatkan banyak sukarelawan,” kata Chandola yang juga seorang epidemiologist dari University College, London,, sekaligus kepala tim peneliti.

Skala penelitian ini sangat besar untuk mencari korelasi dampak antara tekanan pekerjaan setiap harinya dengan penyakit jantung. Salah satu masalah yang dihadapi oleh manusia adalah sifat skeptis di mana tekanan selama bekerja tidak akan memberikan dampak apapun pada sistem biologi.

Seperti yang telah diketahui, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu didunia, terutama yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah pada arteri. Selain itu, tekanan darah tinggi juga merupakan faktor lainnya setelah penyakit jantung.

Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat stres, yaitu memberikan pertanyaan dan kuesioner atas pekerjaan yang mereka lakoni, sekaligus bagaimana mereka mengontrolnya. Selama 12 tahun tim peneliti memantau dengan memberikan empat kali survei dengan hasil 68% memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi.

Usia di bawah 50, lanjut Chandola, merupakan usia yang dianggap rawan terhadap pengaruh ini. Seperti laporan Chandola yang dilansir The European Heart Journal, studi ini menambah data mengenai kejadian yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Kuat dugaan bahwa perubahan kebiasaan dan kimia telah membuat bagaimana tekanan yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Sementara lingkungan yang tidak sehat dan kebiasan seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol dan makana tidak sehat menjadi penyebab lainya. bjm

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...