9 Jenis Sup Paling Terkenal DI Asia

Lain benua lain pula masakanya. Di negara-negara Eropa banyak dijumpai berbagai jenis soup, diantaranya clear soup atau soup jernih sejenis consomme dan thick soup yang lazim kita sebut dengan soup kental.

Berbeda dengan negara-negara di Asia. Asian soup lebih didominasi aneka soup bening, bahan isi yang digunakan biasanya sayuran dan hasil laut seperti udang, kerang, ikan dan cumi-cumi.
Untuk bumbu juga lebih banyak menggunakan bahan yang segar , diantaranya ada bawang merah, bawang putih, jahe, serai, asam, daun sledri, daun bawang dan jeruk nipis. Berbeda dengan soup dari Eropa yang banyak menggunakan rempah-rempah kering seperti thyme, bay
leaf, oregano, basil dan whole pepper atau lada butir.

Untuk cita rasa tidak perlu diragukan lagi. Siapa yang tak kenal Tom Yam Gung, Thailand soup bercitarasa asam pedas, Kimlo soup dari China dengan isi seafood yang lezat atau dari Indonesia sendiri ada Sop Buntut yang kepopulerannya sampai ke manca negara. Kesegaran bahan, citarasa yang ringan dan aroma yang lembut menjadikan Asian soup mudah diterima oleh siapa saja.

Anda tentunya penasaran ingin mencoba salah satu dari 9 popular soup Asia. Beragam soup dengan variasi rasa dan bahan yang berbeda kami sajikan untuk anda, diantaranya SOUP BUNTUT (Indonesia), KIAM CHYE SOUP (Singapura), TOM YAM GUNG SOUP (Thailand), JUAN LO SOUP (Korea), MISO SOUP (Jepang), KIMLO SOUP(China), CANH TRUNG CATRUA SOUP(Vietnam), HINGYO SOUP (Burma) dan MULLIGATAWNY SOUP (Sri lanka).
Banyak pilihan bukan?

TIPS MEMBUAT SOUP YANG HARUM, JERNIH DAN LEZAT

Setiap soup mempunyai teknik mengolah yang berbeda satu dengan lainnya. Memang tidak ada standar yang baku dalam mengolah dan menyajikan soup, kreatifitas juru masaklah yang menjadi kunci keberhasilan karena memasak adalah gabungan dari sains, felling dan art. Walaupun begitu ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat soup dan ini biasanya menjadi pakem yang tidak tertulis oleh para juru masak. Simak tips berikut :

1. Untuk menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lezat, gunakan perbandingan 2 : 1 antara cairan, baik itu air, santan maupun susu dengan daging/tulang.

2.Agar menghasilkan kaldu daging atau ayam yang jernih, sebaiknya cuci daging/tulang sampai bersih. Rebus selama lima menit dan buang air perebusan pertama yang banyak mengandung lemak. Ganti dengan cairan yang baru, rebus lagi dengan api kecil sambil di skim busanya yang
terapung. Penambahan meat clarifycation (campuran daging cincang dengan putih telur) akan mengikat kotoran sehingga kaldu yang dihasilkan lebih jernih. Jangan lupa menyaringnya dengan kain kasa/saringan kawat halus.

3.Kaldu yang harum dan lezat bisa diperoleh jika anda merebusnya dengan api kecil selama 1,5 – 2 jam, sehingga sari-sari dari tulang atau daging dapat keluar maksimal. Penambahan mire poix (potongan wortel, bawang bombay, batang bawang, batang sledri) dan bouquet garni (rempah-rempah yang diikat jadi satu dengan batang bawang), sangat membantu meningkatkan cita rasa soup.

4. Jangan merebus terlalu lama untuk kaldu udang/ikan. Cita rasa manis khas seafood stock akan hilang. 60 menit waktu yang maksimal untuk perebusan. Jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis.

5. Selalu menambahkan sayuaran beberapa saat sebelum diangkat dan dihidangkan agar warna, tekstur dan rasa tetap baik dan segar. Kecuali untuk kacang-kacangan yang memerlukan waktu lama agar diperoleh tekstur yang empuk.

Bahan Langka Yang Sering Digunakan

Klabet : Sejenis Biji-bijian, berwarna kuning. Bumbu ini biasanya digunakan dalam masakkan bersantan, fungsinya hampir sama dengan kemiri mengentalkan dan memberikan rasa legit pada masakan.

Tahu Sutra : Sering juga di sebut dengan tahu Jepang. Sejenis tahu dengan tekstur sangat lembut. Sebaiknya direndam dalam air panas sebelum dipotong-potong agar teksturnya sedikit keras.

Kombu : Bahan dasar untuk membuat dashi/kaldu. Sejenis ganggang laut, bisa didapatkan diswalayan bagian makanan Jepang.

Miso : Produk fermentasi dari kedelai. Tersedia dalam dua jenis yaitu merah dan coklat. Gunakan yang berwarna kemerahan untuk citarasa yang lebih ringan.

Okra : Sayuran buah dengan tekstur lembut, rasa dan teksturnya hampir sama dengan oyong/gambas. Banyak dipakai di dapur Asia, Eropa dan Middle East

Daun Ketumbar/Coriander Leaf : Bentuknya menyerupai daun sledri dengan aroma harum kas yang sangat tajam. Banyak dipakai dalam kuliner Asia dan Middle East.

SOP BUNTUT
(Indonesia)

Untuk 6 porsi
Bahan :
1500 ml air
1 kg buntut sapi, potong menurut ruasnya
200 gr wortel, potong dadu 1 x 1 cm
200 gr kentang, potong dadu 1 x 1 cm
2 batang daun bawang, rajang kasar
1 batang tangkai dan daun sledri, iris halus
3 cm jahe, memarkan
½ sdt pala bubuk
7 siung bawang putih, haluskan
4 siung bawang merah, haluskan
1 sdt merica butir
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

1. Rebus bersama air potongan buntut sapi dengan api kecil. Tambahkan garam, batang bawang, batang sledri dan lada butir. Masak sampai daging empuk. Saring dan sisihkan kaldunya.

2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, pala dan jahe sampai harum.

3. Panaskan kembali kaldu, tambahkan tumisan bumbu, wortel, kentang dan buntut sapi kedalamnya. Masak sampai sayuran matang, hidangkan selagi panas dengan ditaburi irisan daun bawang dan sledri.

KIAM CHYE SOUP
(Singapura)
Untuk 6 porsi
Bahan :
1500 ml air
1 kg daging iga sapi beserta tulang, potong-potong.
200 gr sawi asin, potong 4 cm
3 buah tomat, 1 buah tomat potong bagi 4
1 butir bawang bombay, potong membulat
2 cm jahe, memarkan
5 butir bawang putih, cincang kasar.
1 sdt lada halus
1 sdt gula pasir
¼ sdt vetsin
20 gr bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat :

1. Rebus daging iga sapi beserta tulang, tambahkan jahe, lada, garam, gula,bawang putih dan vetsin. Masak sampai daging lembut, angkat dan saring kaldunya. Sisihkan.

2. Panaskan kembali kaldu, tambahkan daging iga sapi beserta tulangnya dan bawang bombay. Sesaat sebelum diangkat tambahkan sawi asin.

3. Hidangkan panas dengan ditaburi bawang goreng.

TOM YAM GUNG SOUP
(Thailand)
Untuk 4 porsi
Bahan A :
1500 kaldu udang
2 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
4 siung bawang putih, cincang kasar
3 lembar daun jeruk
1 sdm kecap ikan/nampla sauce
1 sdm tom yam powder*
11/2 sdt garam halus
3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik
2 sdm minyak untuk menumis
Bahan B :
200 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
100 gr jamur merang
8 biji cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
1 batang daun ketumbar
2 lembar daun jeruk, iris halus
3 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :

1. Tumis bawang putih dan cabai merah halus sampai harum. Tambahkan semua bahan A, rebus dengan api kecil kuranglebih 30 menit.

2. Saring dan tambahkan serai, daun jeruk, cabai rawit halus, udang, jamur dan cabai utuh. Masak kurang lebih 5 menit dalam api sedang. Sesaat sebelum dihidangkan tambahkan daun ketumbar dan air jeruk nipis. Angkat dan hidangkan panas.
* Tom Yam Powder : Bumbu kaldu instan Tom yam soup, bentuknya bubuk.
Bumbu

JUAN LO
(Korea)
Untuk 6 porsi
Bahan :
1500 ml kaldu daging
400 gr daging has dalam, iris tipis-tipis
200 gr cumi-cumi, potong seperti bunga
100 gr wortel, potong bulat-bulat
3 batang batang bawang, potong serong sepanjang 3 cm
2 butir telur, dadar, digulung dan iris tipis-tipis
2 cm jahe, memarkan
4 buah bawang putih, memarkan
1 ½ sdt garam
1 sdt lada
75 gr kacang mete goreng, untuk taburan
Saus Wijen :
3 sdm minyak wijen
4 sdm kecap asin
2 sdm air matang
1 sdm cuka
1 sdm gula pasir

Cara Membuat :

1. Rebus daging bersama air, lada, jahe, garam, dan bawang putih. masak sampai daging lunak, saring kaldunya dan sisihkan.

2. Panaskan kembali kaldu dalam panci juan lo. Masukan daging, cumi, wortel, dan daun bawang. Masak sampai semua sayuran matang.

3. Hidangkan soup panas-panas dengan telur dadar dan ditaburi kacang mete goreng. Lengkapi soup dengan saus wijen.

4. Saus Wijen: Campur semua bahan saus dalam bowl, aduk rata sampai terbentuk emulsi yang kental. Hidangkan sebagai pelengkap soup.

MISO SOUP
(Jepang)
Untuk 6 porsi
Bahan :
1500 ml kaldu dashi *
8 cm kombu/ganggang laut **
50 gr miso***
300 gr fillet daging ikan snapper merah/kakap merah, potong 2 x 5 cm
200 gr tahu sutra/tahu jepang. Potong membulat setebal 1 ½ cm
2 batang dan daun bawang, potong sepanjang 3 cm
100 gr daun selada air/daun bayam
60 gr jamur Shitake kering, rendam dalam air hangat

Cara Membuat :

1. Panaskan dashi sampai mendidih. Masukan kombu, rebus dengan api kecil selama 15 menit. Angkat dan saring kaldunya.

2. Tambahkan miso ke dalam kaldu dan panaskan kembali. Masukan fillet ikan, tahu sutera dan jamur sitake, masak sampai daging, tahu dan jamur bertekstur lembut. Sesaat sebelum diangkat tambahkan daun bayam/selada air, batang dan daun bawang. Hidangkan panas.
* Dashi : Kaldu untuk bahan dasar soup khas jepang. Terbuat dari air, kombu/ganggang laut dan ikan Bonito kering. Jika tidak tersedia bisa diganti dengan dashi instant.
** Kombu : Bahan dasar untuk membuat dashi/kaldu. Sejenis ganggang laut, bisa didapatkan di swalayan bagian makanan jepang. Dijual dalam bentuk kering.
*** Miso : Produk fermentasi kedelai, sejenis tauco. Tersedia dalam dua jenis yaitu merah dan cokelat. Gunakan yang berwarna kemerahan untuk citarasa yang lebih ringan.

KIMLO SOUP
(Cina)

Untuk 6 porsi
Bahan :
1500 ml kaldu ayam
400 gr daging ayam, rebus dan suwir-suwir dagingnya
8 buah bakso ikan, kerat melintang
200 gr udang sedang besarnya, kupas dan bersihkan
30 gr jamur kuping, rendam air hangat
30 gr soun, rendam air hangat
30 gr bunga sedap malam, simpulkan dan rendam air hangat
60 gr wortel, potong serong
60 gr kapri, bersihkan dan biarkan utuh
6 siung bawang merah, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm kecap manis
1 ½ sdt garam
1 sdt lada halus
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Tambahkan kaldu ayam, masak sampai mendidih.

2. Tambahkan semua bahan kecuali kapri dan soun. Setelah semua bahan matang, tambahkan kapri dan soun. Angkat dan sajikan panas.

CANH TRUNG CATRUA SOUP
(Vietnam)
Untuk 6 porsi
Baha :
1500 ml air
250 gr daging ayam, potong dadu 2 x 2 cm
400 gr campuran sayap dan kaki ayam, memarkan (bahan kaldu)
2 putih telur, kocok sebentar
150 gr jagung manis pipilan
2 buah tomat, potong dadu 1 x 1 cm
5 siung bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
2 cm laos, memarkan
1 sdt gula pasir
1 ½ garam
1 sdt ketumbar, sangrai dan haluskan
1 sdm kecap ikan
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt lada halus
2 lembar daun jeruk purut
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Tambahkan sayap dan kaki ayam, masak sampai berubah warna.

2. Tambahkan air, lada, garam, laos, daun jeruk, gula pasir, kecap ikan dan ketumbar. Masak dalam api kecil selama 45 menit. Angkat dan saring kaldunya.

3. Panaskan kembali kaldu ayam, tambahkan daging ayam dan masak sampai daging lembut. Tambahkan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk. Sesaat sebelum diangkat tambahkan potongan tomat dan jagung manis. Masak sesaat, angkat dan taburi dengan daun bawang. Hidangkan panas.

HINGYO SOUP
(Burma)
Untuk 6 porsi
Bahan :
1500 ml air
12 buah siomay isi udang, kukus
100 gr okra/timun hijau, potong bentuk korek api
100 gr lobak, potong bentuk korek api
100 gr wortel, potong bentuk korek api
25 gr ebi, haluskan
6 siung bawang merah, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt lada halus
1 ½ sdt garam
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Tambahkan ebi, aduk sebentar. Tuang air dan rebus dengan api kecil selama 35 menit. Angkat dari perapian dan saring kaldunya.

2. Panaskan kembali kaldu ebi, masukan wortel, okra/timun, lobak dan siomay isi udang. Masak selama 3 menit, angkat dan sajikan panas.

MULLIGATAWNY SOUP
(Sri Lanka)
Untuk 6 porsi
Bahan :
1100 ml kaldu daging/air
800 gr daging kambing, potong 6 x 2 cm
500 ml santan dari 1 butir kelapa
200 gr kentang, 1 kentang belah menjadi empat dan goreng
3 sdm minyak samin
3 cm jahe, memarkan
3 cm kunyit, haluskan
1 sdm ketumbar, sangrai dan haluskan
½ sdm klabet*, sangrai dan haluskan
½ sdt jintan, sangrai dan haluskan
¼ sdt bubuk kayu manis
1 sdt cabai kering bubuk
1 butir bawang bombay, cincang kasar
2 sdm air jeruk nipis
1 lembar daun salam

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak samin, tumis bawang bombay, bawang putih, kunyit, jahe, daun salam, ketumbar dan jinten, masak sampai layu dan harum. Tambahkan daging kambing, masak beberapa saat sampai daging berubah warna.

2. Tambahkan kaldu daging/air, masak sampai daging empuk. Tambahkan santan, kayu manis, jeruk nipis dan kentang goreng. Masak lagi sampai kuah mengental.

3. Hidangkan panas dengan dilengkapi irisan jeruk nipis dan taburi
cabai merah bubuk di atasnya.

• Klabet : Sejenis biji-bijian, berwarna kuning. Bumbu ini banyak digunakan dalam masakan bersantan, fungsinya hampir sama dengan kemiri mengentalkan dan memberikan rasa legit pada masakan. rck

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...