Asia Benua Terbesar di Dunia

Asia dinilai sebagai salah satu wilayah paling padat penduduknya dengan 60 persen penduduk Bumi, merupakan benua terbesar di dunia

Hidayatullah.com--Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas 49.694.700 km persegi dan mencakup 8.6 persen total permukaan Bumi, atau 29,4 persen untuk wilayah daratan di seluruh Bumi.

Wilayah Asia sebelah barat berbatasan dengan Terusan Suez, timur dibatasi Pegunungan Ural, dan selatan dibatasi Pegunungan Kaukasus dan Laut Kaspia serta Laut Hitam.

Asia dinilai sebagai salah satu wilayah paling padat penduduknya. Sekitar 60 persen penduduk Bumi tinggal di Benua Kuning ini. Dari jumlah itu, hanya 2 persen yang mendiami wilayah utara dan pedalaman (Siberia, Mongolia, Kazakhstan, Xinjiang, Tibet, Qinghai, western Uzbekistan and Turkmenistan).

Negara Asia yang penghasilan domestik bruto-nya tertinggi adalah Jepang, China serta Korea Selatan, sementara yang terrendah adalah Timor Leste.

Asia juga dikenal karena kekayaan sejarah dan budayanya. Kesenian, musik, sastra dan kuliner Asia menjadi bagian penting dari kebudayaan Asia.

Filosofi Timur dan agama juga memainkan peran penting dalam kehidupan bangsa Asia.

Agama-agama yang berkembang di Asia antara lain Islam, Kristen, Katholik, Sikh, Hindu, Buddha, Taoisme, Kong Hu Cu, semua memainkan peran penting. Salah satu bagian paling kompleks dari kebudayaan Asia adalah hubungan antara budaya Timur dengan budaya Barat. [wiki/spo/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...