Kiat Wanita Meningkatkan Karir

Tidak semua tingkah laku para lelaki di tempat kerja adalah sempurna. Tapi mereka memiliki strategi efektif yang bisa anda terapkan untuk kemajuan karir dan terjalinnya hubungan baik dengan rekan kerja. Untuk menaiki sebuah jenjang karir, anda harus berusaha mendapatkan kepercayaan dan itu dibutuhkan waktu serta langkah secara bertahap.

Berusahalah untuk mendapatkan kepercayaan agar bisa menaiki tangga karir secara bertahap dari orang-orang yang selalu menginginkan yang terbaik dan mengharapkan hal terbanyak dalam diri anda. Tidak ada ketertarikan secara pribadi, tapi karena lebih baik dari banyaknya orang-orang yang melamar.

Utamakan efisiensi, bukan sentimental pribadi. Perusahaan memberikan anda payment untuk kemampuan yang anda miliki. Tentu saja anda bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan persaingan secara positif. Prinsip ini bisa mengingatkan anda agar selalu berada dalam jalur yang tepat dan merasa seimbang. Seperti kerjasama dari divisi sales dan customers service dalam suatu perusahaan. Hal ini merupakan analogi dari penggabungan sifat lelaki dan perempuan. Tidak hanya mementingkan berapa banyaknya produk yang terjual, tetapi juga menanggapi bagaimana pasar mengkomunikasikan saran dan keluhan untuk perbaikan produk. Perbedaan cara pikir yang lelaki dan perempuan miliki tidak dijadikan sebagai suatu konflik, tapi justru saling melengkapi.

Cara anda saat sedang berada di tengah kesulitan, akan mempengaruhi cara berkomunikasi. Lelaki cenderung lebih fokus dan diam sambil memikirkan jalan keluar. Ia akan menggerutu jika teralihkan. Sedangkan perempuan, perlu berbagi untuk mendapatkan dukungan dan terkesan mengeluh. Sebenarnya ada perbedaan yang besar antara berbagi dan mengeluh. Saat anda kesal, pasti akan mengharapkan perbaikan dan anda mencari orang yang bertanggung jawab dengan marah, artinya anda sedang berkeluh kesah.

Hati-hati, karena dalam jangka panjang, prilaku yang menunjukkan emosi negatif justru akan menimbulkan perselisihan. Lebih bijaksana untuk anda jika mampu menahan perasaan dan tidak membicarakan kesalahan orang lain. Jika anda perlu menumpahkan isi kepala untuk mengurangi stres, pilihlah teman yang benar-benar bisa dipercaya dan tidak berbahaya bagi anda nantinya. Karena kata-kata memiliki pengaruh yang kuat. Ciptakan suasana santai diluar jam kerja.

Kaum lelaki mengikuti seperangkat aturan tertulis atau tidak tertulis untuk meminimalkan sikap menyinggung dalam lingkungan kerja. Tindak tanduknya murni professional dan tidak bersifat pribadi. Sedangkan kaum perempuan mengikuti serangkaian tata karma dan adat istiadat yang mengakrabkan. Faktor kesetiaan sangat menentukan siapa berteman dengan siapa dan masalah pribadi bisa mempengaruhi. Hal-hal inilah yang dianggap sebagai tanda kelemahan bagi lelaki. Karena memang tata krama diciptakan dari norma, kekuatannya tidak seketat aturan. Tapi jika tata krama dipadukan dengan aturan, akan membuat keputusan anda lebih bermakna.

Anda pasti sering mendengar orang mengungkapkan “Good luck”. Tapi dalam lingkup pekerjaan, penggunaan ungkapan ini tidak tepat. “Good luck” di sini bukan bergantung pada nasib baik, tapi kapasitas yang dimiliki. Banyak orang yang berhasil dan merasa bangga akan kemampuannya, menyembunyikan rasa bangga tersebut agar tidak diketahui oleh orang yang berada di sekitarnya dengan cara merendah. Hal itu dilakukan untuk mengecilkan peran agar tetap sejajar dengan yang lain. Tapi merendahkan diri tidak berarti apa-apa karena evaluasi kerja menilai kinerja pribadi. Para pembuat keputusan di perusahaan anda memerlukan bantuan untuk menentukan siapa yang layak mendapat tanggung jawab lebih.

Apabila keberhasilan diakui oleh orang lain, anda tidak perlu takut dikatakan angkuh. Karena itu merupakan hasil kerja keras anda sendiri. Dari hasil kinerja tersebut akan terlihat jelas bahwa anda yang berperan dalam sebuah keberhasilan, orang lain juga akan lebih apresiatif saat anda mengungkapkan rasa terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin. Dengan sikap yang rendah hati ini, anda tidak akan dianggap tidak berkompeten, apalagi sampai mengaitkannya dengan keberuntungan. Semoga berhasil. twp

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...