Kiat Menjadi Anak Kesayangan Bos

Siapapun pasti ingin jadi anak kesayangan bos. Soalnya, jadi anak kesayangan bos itu enak. Bagaimana tidak? Konon, jadi anak kesayangan itu biasanya mendapat perlakuan istimewa dari bos. Misalnya diberikan fasilitas yang lebih baik, gampang naik jabatan, dan enaknya bisa dapet salary yang lebih besar dibanding karyawan di levelnya.

Melihat sejumlah perlakuan istimewa tersebut, tidak heran kalo banyak yang memandang sinis pada anak kesayangan si bos. Bahkan tidak jarang mereka yang sinis menganggap anak kesayangan itu pinter carmuk alias cari muka. Yang lebih ekstrim , orang-orang yang iri akan menganggap anak kesayangan bos ‘penjilat sejati’.

Padahal sebenarnya sih mereka yang iri dan sinis, diem-diem juga ingin disayang bos. Lagian siapa juga yang mau nolak kalau disayang ama orang selevel bos? Nah, kalo pengin disayang juga ama bos jangan iri dulu ama si ‘anak emas’. Jangan mengambil sikap bermusuhan dengannya. Karena memusuhi anak kesayangan bos sama aja cari bahaya. Kalo bos mengendus sikap permusuhan anda dengan anak kesayangannya, bisa-bisa andalah yang akan dimusuhi si bos. Yang lebih bahaya, bisa aja karir anda terhambat.

Sebaliknya anda bisa mencontek cara-caranya kenapa ia bisa disayang sedemikian rupa. Satu hal yang harus anda sadari bahwa biasanya karyawan yang disayang bos memiliki kelebihan yang tidak dimiliki karyawan lain, bukan sekedar pinter ngambil hati bos. Cobalah pelajari hal-hal yang membuat dia disayang bos. Misalnya karena ia memiliki keahlian tertentu. Atau bisa jadi karena ia selalu ada saat bos membutuhkan bantuannya. Bisa juga karena ia sangat memahami apa saja yang dibutuhkan bos.

Nah kalau anda sudah tau penyebab kenapa dia disayang bos, nggak ada salahnya loh anda belajar dari dia, sepanjang itu positif . Dalam setiap kesempatan tunjukkan potensi anda itu pada bos. Malah anda bisa bekerjasama dengan si anak kesayangan itu untuk memikat hati bos. Buatlah agar bos sadar bahwa anda juga layak disayang.

Tapi, jadi anak kesayangan itu juga mengandung konsekuensi lain, disamping enak ada juga nggak enaknya. Kadang-kadang, saking sayangnya, bos merasa memiliki hak sepenuhnya untuk menguasai anak buah kesayangannya. Sehingga meskipun bukan jam kantor, bos bisa aja meminta anda datang ke kantor untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Dan karena anda anak kesayangan, anda pasti nggak enak hati untuk menolaknya.

Hal nggak enak lainnya, anda kerap dicurigai oleh rekan-rekan lain jika kebetulan anda mendapatkan promosi jabatan. Mereka akan menyangka bahwa hal itu bisa anda raih semata-mata karena kedekatan anda dengan bos. Tapi terlepas dari semua ini, anda berhak kok memperoleh perhatian si bos jika anda memang layak mendapatkannya. Jika anda kompeten, kredibel , dan berperilaku positif tentu saja jalan untuk disayang bos terbuka luas.

Yang penting jangan sekalipun merasa iri jika rekan anda jadi anak kesayangan bos. Karena tentu, seorang bos memiliki otoritas penuh dalam menilai anak buahnya masing-masing. Nah, sekarang siap-siap aja jadi anak kesayangan bos. (RAS)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...