Robot Pengganti Babysitter





Dunia robot sepertinya ke depan akan semakin mendominasi kehidupan kita. Sebab, berbagai fungsi robot belakangan ini semakin maju. Mulai dari pelayan rumah atau toko, hingga menjadi babysitter.

Untuk yang terakhir ini, ada sebuah perusahaan pembuat Robot, Tmusk yang mengembangkan robot penjaga anak. Robot ini nantinya akan ditempatkan di pusat-pusat perbelanjaan sehingga dapat menjaga sang buah hati ketika orangtuanya sibuk berbelanja.

Seperti dikutip dari AFP, robot ini memiliki tinggi sekitar 140 cm dan berwarna kuning putih. Bentuknya cukup menarik perhatian sehingga bisa membuat anak-anak senang. Robot ini pertama kalinya diperkenalkan oleh retailer Aeon, yakni sebuah pertokoan di selatan kota Fukuoka.

Untuk melaksanakan tugasnya, sang robot akan mengenali anak yang dititipkan dari semacam label khusus yang disematkan pada sang anak. Label ini berisi kode-kode khusus yang dapat dibaca oleh si robot. Sang robot kemudian akan mengenali si anak dari nama serta umurnya, kemudian mengajaknya bercakap-cakap. Sayang, kosakata si robot masih minim sehingga belum bisa menggantikan peran babysitter pada umumnya.

Kelak, Tmusk dan Aeon akan mengembangkan teknologi robot untuk keperluan lain, misalnya memandu konsumen saat berbelanja dan memasukkan barang-barang belanjaan ke dalam kereta belanja. Jika hal ini terjadi, lama-kelamaan peran manusia akan digantikan oleh robot. Siapkah kita jika saat tersebut tiba? Sumber : AW Corner

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...