Jackie Chan Bentuk Pusat Riset Kanker di Australia


CANBERA, Bintang film laga kelahiran-Hong Kong, Jackie Chan, memberikan penghormatan pada mendiang orangtua dan akar Australianya dengan membiayai sebuah pusat pendidikan sains baru di pusat riset penyakit kanker penting di negara itu.

Chan dan PM Australia Kevin Rudd, Minggu (9/3), telah membuka Pusat Sains Jackie Chan, di Australian National University, yang dibiayai dengan dana Chan untuk riset kanker guna menghormati orangtuanya, yang adalah penduduk dalam waktu lama di Canberra.

Chan membentuk dana awal untuk riset kanker di Australia pada 2002 setelah kematian ibunya, Lee Lee Chan, dan kembali di Canbera, Sabtu kemarin, untuk upacara pemakaman ayahnya Charlie, yang meninggal pada 26 Februari, pada usia 83 tahun.

"Ayah saya meninggal pekan lalu. Jadi sekaranglah kira-kira waktunya saya harus lakukan sesuatu untuk Canbera guna menghormati orangtua saya. Saya benar-benar berterima kasih pada anda Australia dan Canbera karena telah merawat orangtua saya selama 46 tahun," kata Chan pada wartawan.

Baik Chan maupun Australian National University tidak mau menyebutkan mengenai berapa banyak Chan telah menyumbang pada pusat kanker tersebut, meskipun universitas itu mengatakan dananya "substansial".

Orangtua Chan tinggal di Canberra pada awal 1970-an, tempat ayahnya mendapat pekerjaan sebagai koki di kedutaan besar Amerika sebelum menjadi seorang pemilik restoran setempat yang berhasil. Sebelum karirnya di film, Chan muda tinggal di Canbera selama bebrapa tahun, bersekolah di perguruan tinggi dan bekerja sebagai pekerja pembangun, tempat ia mendapat namanya yang sekarang terkenal, Jackie, sebagai nama panggilan oleh rekan kerjanya, yang telah berjuang dengan nama Chinanya.

Rudd, yang terpilih untuk berkuasa di Australia November lalu, menjadi tuan rumah makan malam di kediaman resminya bagi Chan dan keluarganya, dan juga diplomat dari China dan AS. Rudd yang fasih berbicara Mandarin membicarakan cara Chan untuk dapat membantu Australia memperkokoh hubungan dengan China, yang sekarang merupakan mitra dagang terbesar Australia.

Chan yang adalah duta besar untuk Olimpiade Beijing, telah mengundang Rudd untuk menghadiri olimpiade itu akhir tahun ini, dan mengatakan akan bersedia membantu Rudd kapan saja, tapi menolak mengatakan bagaimana. "Itu satu rahasia, saya tidak dapat mengatakannya," kata Chan. "Saya telah mengenal Kevin selama beberapa tahun. Kapanpun ia minta, saya akan ada di sana," tambahnya. (ANT) msh sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...