Perlunya Target dalam Bulan Ramadhan

Perlunya Target dalam Bulan Ramadhan
Perlunya Target dalam Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan Bulan penuh keberkahan Allah swt. Bulan yang sangat ditunggu oleh setiap muslim di seluruh dunia. Bulan dimana setiap dosa diampuni dan pahala dilipatgandakan. Tidak cukup kata-kata untuk menggambarkan begitu banyak hikmah yang Allah berikan pada bulan yang satu ini. Dalam sebuah hadist menyebutkan, “ Jika umatku mengetahui tentang bulan Ramadhan, niscaya mereka berharap agar sepanjang tahun menjadi bulan Ramadhan”.

ada beberapa alasan mengapa kita perlu memiliki target dalam bulan Ramadhan

1. Menjaga Konsistensi
Sebagaimana iman setiap manusia yang terkadang naik dan turun. manusia memiliki hawa nafsu yang menjadi ujian dimanapun dan kapanpun. Hawa nafsu itu sebaiknya dilawan dengan kesibukan yang baik. Dengan membuat target-target yang cukup menyibukkan, insya allah akan mampu mengisi waktu kita. Sehingga mengurangi potensi waktu yang terbuang percuma.

2. Sebagai Indikator Diri

“Manusia yang beruntung adalah mereka yang hari ini lebih baik dari kemarin…” (Al Hadist). Setiap kita membuat target selama Ramadhan, akan mempermudah kita untuk mengevaluasi diri kita. Sudah sejauh mana pencapaian kita dan sebesar apa kemampuan kita. Dari sini kita memiliki bekal untuk menentukan target di tahun selanjutnya agar terus meningkat.

3. Visi Jangka Panjang

30 hari adalah waktu yang sangat baik untuk melatih pembiasaan diri. Sepanjang 30 hari itu kita dibiasakan dengan keadaan pada saat berpuasa. Menjadi lebih sabar dan lebih terjaga dari hal-hal yang kurang baik. Kebiasaan-kebiasaan baik yang kita targetkan selama bulan ramadhan akan membantu mengoptimalkan waktu. Terlebih jika kebiasaan menentukan target itu berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Dari sini kita bisa mulai menentukan visi pencapaian dalam jangka panjang.

Bulan Ramadhan memang bulan yang spesial bagi umat islam. Jadi, mari mengoptimalkan diri selama bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.

wallahu'alam

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...