MAKALAH Kencing Manis

Pengertian Kencing manis atau biasanya disebut Diabetes Mellitus.
Diabetes mellitus adalah istilah untuk sebutan penyakit yang di Indonesia dikenal dengan nama penyakit gula atau kencing manis, istilah ini berasal dari bahasa Yunani. Diabetes artinya mengalir terus, mellitus artinya madu atau manis. Jadi istilah ini menunjukan tentang keadaan tubuh penderita, yaitu adanya cairan manis yang mengalir terus.
Penyakit kencing gula merupakan kelainan metabolis yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglisemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:
  • defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.
  • defisiensi transporter glukosa.
  • atau keduanya.
Berbagai penyakit, sindrom dan simtoma dapat terpicu oleh diabetes mellitus, antara lain: Alzheimer, ataxia-telangiectasia, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria, distrofi miotonis, penyakit Parkinson, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dan lain-lain.
Selain itu Diabetes Mellitus juga merupakan keadaan hiperglikemi kronik yang disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, saraf dan pembuluh darah.
Penyakit Diabetes mellitus ini biasa timbul secara mendadak pada anak-anak dan orang dewasa muda. Pada orang yang telah berumur, penyakit ini sering muncul tanpa gejala dan kerap baru diketahui bila yang bersangkutan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.
Pada orang yang sehat karbohidrat dalam makanan yang dimakan akan diubah menjadi glokosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Pada orang yang menderita kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena sedikit atau tidak adanya zat insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan.
Kadar gula yang tinggi akan dibuang melalui air seni. Dengan demikian air seni penderita kencing manis akan mengandung gula sehingga sering dilebung atau dikerubuti semut. Selanjutnya orang tersebut akan kekurangan energi / tenaga, mudah lelah, lemas, mudah haus dan lapar, sering kesemutan, sering buang air kecil, gatal-gatal, dan sebagainya. Kandungan atau kadar gula penderita diabetes saat puasa adalah lebih dari 126 mg/dl dan saat tidak puasa atau normal lebih dari 200 mg/dl. Pada orang normal kadar gulanya berkisar 60-120 mg/dl
 Apabila penyakit ini dibiarkan tidak terkendali atau penderita tidak menyadari penyakitnya bertahun tahun kemudian akan timbul berbagai komplikasi kronis yang berkaitan patal, seperti penyakit jantung, terganggunya fungsi ginjal, kebutaan, pembusukan kaki yang kadang memerlukan amputasi, atau timbulnya impotensi yang sangat merisaukan. Saat ini. Diabetes mellitus tidak hanya dianggap sebagai gangguan metabolisme karbohidrat, tetapi juga mencakup metabolisme protein dan lemak yang diikuti dengan komplikasi yang bersifat kronis terutama terjadi pada struktur dan fungsi pembuluh darah.

Komplikasi yang sering mengikuti kencing manis
1.      Gagal ginjal
2.      Penyakit jantung
3.      Impoten
4.      Kerusakan otak
5.      Kebutaan


Tanda-tanda penyakit kencing manis:
1.      Perasaan haus yang terus-menerus
2.      Berat badan turun secara drastis
3.      Sering buang air kecil dalam volume besar
4.      Cepat letih dan penyebabnya tidak jelas
5.      Rasa gatal dan peradangan kulit yang menahun
6.      Koma, pada kasus tertentu




Cara menguji apakah seseorang terkena kencing manis
1.      Jika air kencing seseorang dikerumuni semut, kemungkinan besar orang tersebut menderita diabetes.
2.      Gunakan kertas khusus, uristix, dan celupkan ke dalam air kencing. Jika warna kertas berubah, orang tersebut menderita kencing manis.


Fakta-fakta tentang kencing manis
1.      Setidaknya 171 juta orang di seluruh dunia menderita kencing manis. Dan jumlah ini diprediksi akan meningkat dua kali lipat
2.      Sebanyak 3,2 juta penderita kencing manis meninggal setiap tahunnya karena komplikasi yang disebabkan. Tiap detik ada enam orang meninggal akibat kencing manis
3.      Sepuluh besar negara yang paling banyak penderita kencing manis adalah: India, China, USA, Indonesia, Jepang, Pakistan, Rusia, Brasil, Italia, dan Bangladesh
4.      Total biaya yang dikeluarkan untuk mengobati penyakit kencing manis adalah 2,5%-15% dari keseluruhan anggaran biaya kesehatan di seluruh dunia
5.      Dari studi tentang kencing manis di India, Cina, USA, dan Eropa, penyakit ini bisa diatasi dengan mengubah pola gaya hidup yang lebih seimbang dan sehat.


Tipe diabetes mellitus:
Tipe 1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...