15 Fakta Mini di Bidang Sains

15 Fakta Mini di Bidang Sains

Tahukah kalau rambut beruang kutub itu transparan, bukan putih? Tahu jugakah kalau kulitnya hitam, bukan putih? Berikut ini adalah 15 fakta mini di bidang sains yang mungkin belum banyak diketahui orang.
cangkir gelas

  1. Bentuk air hujan tidak sama dengan bentuk air mata. Bentuk air hujan adalah bulat.
  2. Benda padat yang menyublim akan langsung berubah jadi gas, tidak perlu jadi cairan lebih dulu.
  3. Gorila tidur di sarang yang dibuat dari ranting-ranting pohon dan dedaunan. Jantan biasanya tidur di tanah, sementara betina tidur di sarang di atas pohon.
  4. Sampanye tidak mendesis karena mengandung karbon dioksida. Debu yang mendesis. Buktinya, ketika sampanye dituang ke gelas yang bersih dari molekul debu, tak akan ada desis.
  5. Sebagian besar proses pencernaan terjadi bukan diperut, tapi di usus halus.
  6. Cairan merah yang keluar dari daging stik setengah matang bukan darah, tapi mioglobin, “sepupu” darah yang ada di serat otot.
  7. Tas belanja dari kertas dan plastik sama-sama berdampak buruk pada lingkungan. Tas plastik susah diurai, sementara tas kertas butuh energi banyak pada pembuatannya.
  8. Bulu beruang kutub itu transparan, bukan putih. Kulit mereka juga bukan putih, melainkan hitam. Ketika berada di lingkungan hangat dan lembap, kulit mereka bisa jadi warna hijau karena lumut.
  9. Alergi pada binatang biasanya bukan disebabkan oleh bulu, melainkan oleh kulit mati, ludah, atau kotoran.
  10. Pemetaan lidah yang menentukan bagian tertentu untuk mengecap rasa tertentu itu tidak benar. Seluruh rasa dapat dikecap oleh semua bagian lidah.
  11. Bukan suara laut yang terdengar ketika orang mendekatkan tempurung kerang ke kuping. Itu suara aliran darah di dalam pembuluh orang itu sendiri.
  12. Ketika Anda hidup, otak berwarna merah muda. Ketika Anda meninggal, otak berubah jadi abu-abu.
  13. Merkuri bukan satu-satunya cairan metal. Gallium (Ga) berbentuk padat pada suhu ruangan, tapi akan meleleh ketika diletakkan di tangan. Cesium (Cs) dan fransium (Fr) juga bisa mencair di sekitar suhu ruangan.
  14. Lumba-lumba tidak minum air laut. Mereka mendapat cairan dari makanan yang mereka konsumsi. Minum air laut bisa membuat mereka sakit, bahkan mati.
  15. Uni Soviet adalah negara pertama yang berhasil mendaratkan pesawat antariksa di bulan. Tahun 1959, Luna 2 berhasil mendarat di bulan. Tahun 1966, Luna 9 juga mendarat di sana. Empat bulan kemudian, Amerika Serikat baru mendaratkan pesawat mereka, Surveyor I.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...