10 Film Box Office Sepanjang Masa

Top 10 Film Box Office Sepanjang Masa

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, Jero Wacik, mengeluarkan peraturan baru mengenai besaran pajak film asing. Peraturan baru ini membuat para importir film asing khususnya Hollywood berfikir dua kali untuk mengedarkan film mereka di Indonesia. Terlepas dari masalah pajak, film Hollywood adalah barometer perfilman dunia. Banyak film Hollywood yang bagus dan laris tetapi belum tentu menjadi Box Office. Pendapatan yang diperoleh dari film Box Office bisa mencapai ratusan juta dollar. Berikut ini adalah daftar film Box Office sepanjang masa  berdasarkan www.imdb.com
Box Office

10. Spider Man (2002) $ 403,706,375

Film Spider Man masuk dalam salah satu daftar Box Office dengan meraih pendapatan  $ 403,706,375. Film yang dibintangi Tobey Maguire (Peter Parker/Spider Man), Kirsten Dunst (Mary Jane), James Franceo (Harry Osborn), Willem Dafoe (Dr. Norman Osborn/Green Goblin) mampu menyedot banyak penonton. Film Spider Man diangkat dari komik bergambar dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan seorang pejuang pembela kebenaran dan menumpas kejahatan. Aksi yang paling “seru” adalah pada saat Spider Man berjuang melawan Green Goblin, yang tidak lain adalah ayah dari teman Peter Parker yaitu Harry Osborn.
Spider Man

9. Toy Story 3 (2010) $ 414,984,497

Toy Story adalah film animasi favorit keluarga, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Toy Story 3 masuk dalam daftar Box Office dengan meraup pendapatan $ 414,984,497. Film ini merupakan sekuel dari film sebelumnya (Toy Story dan Toy Story 2) yang bergenre komedi petualangan dari tokoh mainan. Karakter utama dalam film ini adalah Woody (Tom Hanks sebagai pengisi suara), Buzz Lightyear (suara : Tim Allen), Jessie (suara : Joan Cusack) dan teman-temannya. Toy Story 3 merupakan film animasi yang masuk dalam nominasi Academy Award (Oscar) 2011 untuk Naskah Adaptasi Terbaik. Toy Story 3 memenangkan piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik 2011.
Toy Story 3

8. Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006) $423,032,628

Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest masuk dalam daftar film Box Office dengan total pemasukan $423,032,628. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Johnny Depp (Kapten Jack Sparrow), serta Orlando Bloom (Will Turner), Kiera Knightley (Elizabeth Swan). Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest merupakan film sekuel Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2004) dan Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007). Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest  masuk dalam beberapa nominasi Academy Award untuk Best Art Direction, Sound Editing, Sound Mixing, dan memenangkan Academy Award untuk Visual Effects.
Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest

7. Star Wars: Episode I-The Phantom Menace (1999) $431,065,444.

Star Wars adalah film trilogi yang sangat fenomenal dan masuk dalam daftar Film Box Office. Star Wars: Episode I-The Phantom Menace mengulang kesuksesan Star Wars: Episode IV-A New Hope di tahun 1977. Star Wars: Episode I-The Phantom Menace memperoleh pendapatan $431,065,444. Star Wars: Episode I-The Phantom Menace ditulis dan disutradarai oleh George Lucas yang bergenre epik fantasi atau drama manusia dengan skala yang besar. Film ini dibintangi Liam Neeson (Qui-Gon Jinn), Ewan McGregor (Obi-Wan Kenobi), Natalie Portman (Ratu Padme Amidala) dll. Star Wars: Episode I-The Phantom Menace juga masuk dalam nominasi Piala Oscar tahun 1999 untuk Sound Editing, Sound (mixing) dan Efek Visual.
 Star Wars: Episode I-The Phantom Menace

6. E.T. : The Extra-Terrestrial (1982) $434,949,459

E.T. : The Extra-Terrestrial atau lebih dikenal dengan sebutan ET masuk dalam salah satu Film Box Office dengan meraup pendapatan $434,949,459. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini berkisah tentang persahabatan antara anak manusia dengan alien bahwa persahabatan tulus sudah sangat sulit untuk ditemukan. Film ini dibintangi Henry Thomas (Elliot), Robert MacNaughton (Michael), Drew Barrymore (Gertie) dll. Adegan yang sangat populer adalah ketika Elliot membawa E.T melintasi bulan dengan meletakan E.T di keranjang sepedanya.
E.T

5. Shrek 2 (2004) $436,471,036

Shrek 2 masuk dalam daftar Box Office sepanjang masa dengan meraup pendapatan $436,471,036. Shrek merupakan film animasi sekuel yang diproduksi oleh Dream Works Animation yang telah menelorkan film-film animasi yang bagus. Film ini menceritakan perjalanan kisah cinta antara Shrek dengan Fiona yang dikemas dengan menampilkan sisi romantis dan komedi. Pengisi suara Shrek 2 merupakan aktor-aktor papan atas di Hollywood, sebut saja Mike Myers (Shrek), Eddie Murphy (Donkey), Cameron Diaz (Fiona), Antonio Banderas (Puss in Boots) dll.
Sherk 2

4. Star Wars: Episode IV-A New Hope (1977) $460,935,665

Star Wars: Episode IV – A New Hope berada diperingkat keempat Box Office sepanjang masa dengan nilai $460,935,665. Sejak kemunculannya di tahun 1997, Star Wars menjadi sesuatu yang fenomenal. Film ini menggambarkan perang antar bintang yang dikemas sangat futuristik untuk tahun 70an, dengan menampilkan efek-efek komputer. Itulah yang menjadi daya tarik film Star Wars. Star Wars dibintangi oleh Mark Hamill (Luke Skywalker), Harrison Ford (Han Solo), Carrie Fisher (Princess Leia Organa) dll.
Star Wars: Episode IV-A New Hope

3. The Dark Knight (2008) $533,316,061

The Dark Knight berada diposisi ketiga film Box Office sepanjang masa dengan memperoleh pendapatan  $533,316,061. Film ini mengisahkan superhero Batman yang membasmi kejahatan di Gotham City pada malam hari. The Dark Knight masuk dalam nominasi Academy Award 2008 untuk delapan kategori dan dua diantaranya keluar sebagai pemenang, yaitu Aktor Pendukung Terbaik (Heath Ledger) dan Best Sound Editing (Richard King). Film ini dibintangi Christian Bale (Bruce Wayne / Batman), Heath Ledger (The Joker), Maggie Gyllenhaal (Rachel Dawes) dll. Kejadian tragis menimpa pemeran The Joker yaitu Heath Ledger meninggal karena kelebihan obat tidur (22 Januari 2008) dan pada saat proses produksi film ini telah selesai dibuat.
The Dark Knight

2. Titanic (1997) $600,779,824

Titanic menempati posisi kedua film Box Office sepanjang masa dengan nilai $600,779,824 yang disutradarai oleh James Cameron. Film yang diangkat dari kisah nyata bencana terbesar yaitu tenggelamnya kapal Titanic pada 14 April 1912 dengan menabrak gunung es. Dan yang lebih tragisnya lagi bahwa kapal dengan penumpang terbesar di dunia pada saat itu adalah untuk pertama kalinya berlayar setelah selesai dari proses pembuatannya. Kisah fiktif yang diangkat dari film Titanic adalah kisah cinta antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dengan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) yang menjadi ikon sepasang kekasih pada saat itu. Kisah Titanic sangat menguras emosi dan emosi dengan akhir yang kurang bahagia dengan meninggalnya Jack karena hipotermia di laut. Film ini dibuat dengan budget yang mahal sekitar $200 juta (wikipedia.org). Titanic meraih beberapa penghargaan, salah satunya pada Academy Awards (Piala Oscar) 1997. Titanic meraih empat belas nominasi dan sebelas diantara keluar sebagai pemenang, beberapa diantaranya adalah The Best Picture dan Best Director. Soundtrack film Titanic, “My Heart Will Go On” oleh Celine Dion juga menjadi hits untuk beberapa tahun kedepan.
Titanic Ship

1. Avatar (2009) $760,505,847

Avatar menempati posisi pertama Box Office sepanjang masa dengan nilai yang fantastis yaitu $760,505,847 yang disutradarai James Cameron. Film fiksi ilmiah ini berkisah tentang seorang manusia yaitu Jake Sully (yang diperankan oleh Sam Worthington) yang “dirubah” menjadi avatar dengan mengemban misi dari perusahaan RDA untuk mengeksploitasi tambang mineral yang disebut unobtanium di Pandora yang dihuni oleh kaum Na’vi. Di akhir cerita Jake memilih untuk tetap menjadi Na’vi (avatar). Film ini mengambil seting masa depan yaitu tahun 2154. Film ini sangat menghibur dan membuat penonton terkesima dengan efek-efek yang ditampilkan. Film ini juga dibintangi Zoe Saldana (Neytiri), Stephen Lang (Miles Quaritch), Sigourney Weaver (Dr. Grace Augustine) dll. Avatar masuk dalam nominasi Academy Awards 2010 untuk sembilan kategori. Tiga penghargaan dimenangkan Avatar, yaitu Art Direction, Cinematography dan Visual Effects.
Avatar

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...