10 Cara Agar Terhindar Dari Serangan Jantung

10 Cara Agar Terhindar Dari Serangan Jantung

Serangan jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja bahkan yang tampak sehat dan menganut pola hidup sehat. Di Amerika Serikat saja orang meninggal setiap 34 detiknya. Walaupun dunia kedokteran berkembang dengan sangat pesat, namun ada pula yang gagal dalam memberikan tindakan. Maka dari itu pasien dan masyarakat perlu dibekali pengetahuan seputar penyakit jantung dan cara pencegahannya agar angka kematian dapat ditekan.
Serangan jantung

10. Jangan Stress dan Jangan Depresi

Stress adalah suatu kondisi dimana ada beban dalam pikiran/psikis kita. Ada stress negatif dan ada stress positif. Stress bisa menjadi negatif apabila berdampak pada terganggunya kesehatan kita dan mengarah kepada depresi. Stress juga dapat meningkatkan tekanan darah kita. Jadi hidarilah stress dan depresi. Selalu berpikiran positif. Just be happy.
Hindari Stress

9. Stop Merokok Sekarang Juga

Serangan jantung selalu diidentikan dengan kelebihan berat badan, kolesterol tinggi, kadar gula tinggi dll. Serangan jantung juga dapat terjadi pada orang yang memiliki berat badan yang tidak berlebih atau ideal atau cenderung kurus. Keadaan ini dapat terjadi karena kebiasaan buruk yaitu merokok. Merokok tidak hanya merusak paru-paru dan saluran pernafasan tapi penyebab stroke. Para ilmuwan telah meneliti ada hubungannya serangan jantung dengan merokok.
Stop Merokok

8. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat menjadi jantung kita tetap sehat. Tidak perlu olahraga terlalu berat sampai harus memaksakan diri ke gym. Mulailah dengan olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, sepeda santai dll tetapi teratur setiap hari atau lima kali dalam seminggu paling tidak selama 30 menit. Bukan berarti anda bisa mengganti latihan teratur lima kali seminggu dengan latihan aerobik selama dua jam yang hanya satu kali seminggu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter dahulu sebelum mulai berolahraga.
Bersepeda ringan

7. Menjaga Berat Badan

Tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus dan yang penting normal sesuai dengan umur. Cara menghitung berat badan normal adalah Berat Badan Normal = Tinggi Badan – 100. Sedangkan cara untuk mengetahui berat badan ideal ukuran yang digunakan adalah BMI (Indeks Masa Tubuh). Klasifikasinya adalah BMI lebih dari 30.0, berarti menunjukan obesitas tingkat 1, BMI 25.0 sampai 29.0 menunjukan normal tetapi masih tinggi dan 24.9 adalah normal. Segera konsultasikan dengan dokter apabila BMI anda memenuhi salah satu krtiteria ini.
menjaga berat badan

6. Diet Yang Sehat

Diet sehat adalah mengatur makanan dengan makanan yang rendah lemak. Dengan memperhatikan pola makan, asupan nutrisi dan jenis makanan dapat membantu jantung tetap sehat. Jenis makanan yang dapat merawat jantung sehat anda adalah oatmeal, ikan laut terutama salmon, alpukat, bayam, kedelai, lamtoro dll. Cara memasak juga mempengaruhi kesehatan jantung anda. Gantilah cara memasak yang digoreng dengan dikukus, dibakar atau direbus. Apabila ingin menggoreng gunakanlah minyak zaitun.
Perbanyak makan buah

5. Menjaga Gula Darah

Gula darah dalam istilah kedokteran adalah tingkat glukosa dalam darah dan tingkatannya diatur oleh insulin dan leptin. Orang awam menyebut glukosa adalah gula. Pastikan kadar gula darah anda tetap terkontrol. Kadar gula yang tinggi dapat merusak jantung dan menyebabkan diabetes mellitus. Sedangkan kadar gula yang terlalu rendah dapat menyebabkan perasaan lelah, mudah tersinggung, kehilangan kesadaran dll.
Gula darah

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat menjaga jantung anda tetap bekerja dengan baik. Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan tekanan darah dan merusak jantung. Tidur malam yang baik untuk kesehatan adalah 6,5 sampai 8 jam. Usahakan untuk merilekskan tubuh dan pikiran ketika saat tidur.
Tidur yang cukup

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi menjadi memicu serangan jantung dan penyakit lainnya. Kadar kolesterol ada yang baik (HDL) dan yang jahat (LDL). Yang harus kita jaga agar tetap rendah adalah LDL nya, kadar LDL tinggi dapat menyumbat arteri penyebab terjadinya stroke. Ukuran LDL normal adalah dengan kisaran optimal, batas optimal adalah kurang dari 100 mg/dL, batas tinggi adalah 160 – 189 mg/dL. Konsultasi dengan dokter apabila LDL anda tinggi, biasanya dokter akan memberi anda obat.
hindari junk food penyebab kolesterol

2. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah adalah tekanan yang dialami darah pada pembuluh nadi ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut “silent killer”, karena sebagian orang tidak menyadari bahwa tekanan darahnya tinggi. Hipertensi jarang disadari oleh para pengidapnya, karena gejalanya yang tidak tampak. Gejala yang tampak adalah pusing, terjadi pendarahaan dari hidung, mual, sesak nafas, kelelahan, pandangan kabur dll. Hipertensi dapat terjadi karena obesitas, gaya hidup tidak sehat, malas berolahraga, stress atau kadar garam terlalu tinggi dalam makanan. Tekanan darah yang normal adalah kurang dari 120/80 mmHg.
kontrol tekanan darah

1. Mengetahui Sejak Dini

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ungkapan ini sangat tepat untuk kita dalam menjaga kesehatan khususnya kesehatan jantung. Mencari tahu tanda-tanda stroke dan mencegah serta mencari obatnya adalah tindakan yang tepat. Gejala serangan jantung yang umum diketahui adalah nyeri di dada sebelah kiri, sesak nafas, jantung berdebar-debar, kaki bengkak, batuk berdarah, pingsan dll. Serangan jantung datang tiba-tiba, lewat begitu saja sangat cepat seperti petir disiang hari, tidak disadari dan satu orang dengan orang lain gejalanya dapat berbeda-beda. Jika anda sudah pernah mengalami serangan jantung maka segera pergi ke dokter untuk mendapat perawatan medis. Anda dapat melakukan medical chek up jantung dengan pemeriksaan ECG untuk mencegah terjadi stroke.
mengetahui sejak dini

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...