Hosni Mubarak Menghilang?

Di tengah perubahan yang begitu cepat terjadi di Mesir dan laporan yang bertentangan tentang sifat dari transisi kekuasaan, pertanyaan tentang lokasi Presiden Hosni Mubarak mengambil posisi utama di berbagai media berita lokal dan internasional.

Sebelum televisi pemerintah Mesir melaporkan bahwa Mubarak akan menyampaikan pernyataan langsung dari istananya, media Mesir menyatakan bahwa Mubarak telah berangkat ke sebuah resor di Sinai dari Sharm Eshiskh dengan pesawat militer dan didampingi oleh kepala staf angkatan bersenjata, Letnan Jenderal Sami Annan.

Laporan lokal lainnya menunjukkan bahwa Mubarak telah terbang ke sebuah tujuan yang tidak dikenal. Berdasarkan informasi dari AS, televisi Al-Hurra melaporkan bahwa Mubarak telah terbang ke Uni Emirat Arab dan diharapkan berada di Dubai dalam waktu sekitar satu jam.

Laporan tentang keberadaan Presiden berusia 82 tahun itu muncul di tengah spekulasi yang berkembang tentang sifat transisi kekuasaan di negara itu. Dua skenario utama telah dilontarkan oleh banyak pengamat politik.

Yang pertama menunjukkan bahwa Mubarak akan menyingkir dan mendelegasikan otoritas sipil kepada Wakil Presiden Omar Suleiman dan otoritas militer kepada tentara.

Yang kedua memprediksi telah terjadi kudeta dan bahwa sebuah dewan militer tinggi sekarang sedang
dibentuk untuk menjalankan negara ini untuk jangka waktu sementara. Kabinet juga sedang digodok yang akan dipimpin oleh Perdana Menteri Ahmed Shafiq.

www.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...