Hebatnya paru-paru kita

Kita semua pasti tau setiap manusia bernafas pake paru-paru,,oksigen di udara di ambil dan menyebar ke seluruh  tubuh.

Tapi  apakah Kalian Tau kenapa paru-paru gk pernah salah mengikat gas oksigen?? padahal Gas oksigen diatomik hanya mengisi 20,9% volume atmosfer bumi, sisanya gas lain yang bila diserap oleh tubuh bisa menimbulkan kematian.

Terjadinya pernapasan karena paru-paru digerakkan oleh otot diafragma. Saat kita menghirup udara, otot diafragma akan mengerut dan ruang paru-paru pun akan meluas. Sebaliknya ketika mengeluarkan udara,otot diafragma akan mengembang dan ruang paru-paru pun menyempit.

Kita bernafas sekitar  15-25 kali permenit dengan memompa udara sekitar 8.000 sampai 9.000 liter udara perhari.

Saat bernafas udara melalui hidung atau mulut, trachea, bronchus, bronchioles dan akhirnya berhenti dialveoli, nah alveoli adalah kantung-kantung kecil yang dikelilingi kapiler  yang berisi darah..disana oksigen akan berdifusi ke dalam darah dan mahluk yang bernama hemoglobin akan membawanya menuju jantung..sedangkan gas lain yang terhirup akan di keluarkan kembali dari paru-paru tidak akan berdisfusi dengan darah dan disana juga karbondioksida yang di bawa oleh darah dari seluruh tubuh akan berdisfusi keluar menuju dunia luar..jadi udah jelaskan mengapa paru-paru tidak akan mengikat gas lain??  Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang paru-paru

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...