6 Makanan Pembangkit Mood



1. Sereal atau gandum
Sereal memang seringkali dijadikan makanan untuk menu sarapan kita. Ada sebabnya, lho. Gandum mengandung selenium yang menstimulasi kelenjar tiroid yang ada di leher, yang merupakan organ pengatur mood atau perasaan kita. Gandum juga mengandung serat yang baik dan menghambat penyerapan gula, sehingga menjaga kadar gula darah Anda.
Selain gandum, ada kacang merah, beras merah, kacang kedelai, dan kacang Brazil, yang juga memiliki fungsi yang sama.

2. Kacang kedelai atau kacang-kacangan
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa rendahnya asupan folat dalam tubuh bisa memicu rasa depresi dan tidak tenang. Oleh karena itu cari sumber makanan yang memiliki folat. Contohnya, sereal, kacang polong hitam, kedelai, sawi, brokoli, biji bunga matahari, dan jeruk.

3. Ikan salmon liar
Ikan slamon bahkan yang kalengan sekalipun memiliki vitamin yang baik, yakni B12, yang oleh para ilmuwan dipercaya bisa memproduksi serotonin. Makanan lainnya yang mengandung serotonin adalah kerang, kepiting, kacang gandum, keju, yogurt, dan telur.

4. Yogurt
Vitamin D yang ada dalam yogurt bisa mencegah keropos tulang, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan depresi. Sumber makanan lainnya adalah minyak hati ikan kod, ikan-ikanan seperti salmon, tuna, lobster dan udang, tahu, susu kedelai, dan jamur.

5. Kacang almond
Ingin makanan yang bisa mencegah fungsi hati, mencegah pikun, dan mencegah kanker? Cari makanan yang memiliki kandungan omega-3. Kacang almond bisa dijadikan camilan, atau ditaburkan di atas salad buatan Anda.

6. Dark chocolate
Apa yang terkandung di dalamnya? Vitamin A, yang bisa melepaskan hormon endorphin dalam tubuh kita, dan meningkatkan hormon serotonin yang membuat tubuh lebih nyaman dan tenang.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...