Perbedaan antara Nokia N8 dan iPhone 4

Ponsel cerdas (smartphone) besutan vendor besar kembali bertambah. Setelah Apple meluncurkan iPhone 4 pada Juni 2010, pada awal Oktober 2010 Nokia pun mulai mendistribusikan N8 kepada seluruh pemesan. Anda tentunya akan sulit memilih salah satu dari produk terbaik ini.

Agar tidak salah pilih, yuk lihat spesifikasi yang melekat pada dua gadget tersebut. Dari sisi dimensi dan bobot, perbedaan antara N8 dan iPhone 4 tak terlalu signifikan. N8 memiliki dimensi 113,5x59x12,9 milimeter dengan berat 135 gram.
iPhone 4 berdimensi 115,2x58,6x9,3 milimeter dengan berat 137 gram. Jaringan data yang didukung pun tak jauh beda. N8 menawarkan GPRS dan EDGE kelas B, HSDPA dengan kecepatan maksimal 10,2 Mbps, HSUPA berkecepatan 2,0 Mbps, WLAN IEEE802,11 b/g/n.
Sedangkan iPhone 4 mendukung akses data melalui jaringan GPRS Class 10 yang berkecepatan 32-48 Kbps, lalu EDGE Class 10 dengan kecepatan 236,8 Kbps, HSDPA berkecepatan 7,2 Mbps, HSUPA dengan kecepatan 5,76 Mbps, dan wifi 802,11 b/g/n.

Satu hal yang perlu dicermati, kecepatan yang mereka tawarkan tetap tergantung pada jaringan operator seluler yang dipakai. Untuk konektivitas, keduanya juga dilengkapi dengan bluetooth dan selot USB. Baik N8 maupun iPhone 4 juga sama-sama mendukung GPS dan layanan push email. Tampaknya dua fitur itu kini memang sudah menjadi standar di dalam sebuah smartphone.

Perbedaan antara N8 dan iPhone 4 terletak pada sistem operasi yang mereka gunakan. iPhone 4 mengadopsi iOS4 yang merupakan sistem operasi terbaru Apple.

iOS4 datang dengan kemampuan multitasking dan membuat folder sesuai keinginan sehingga pengguna dapat menaruh aplikasi yang diunduh dari App Store di folder buatannya. Selain itu, iOS4 memungkinkan pula pengguna melihat pesan dari semua akun email dalam sebuah inbox yang terintegrasi.

Sementara itu, N8 memakai platform Symbian 3 dan berbasis Java MIDP 2,1. Symbian 3 hadir dengan lebih dari 250 fitur baru. Pihak Symbian mengklaim fitur yang mereka tawarkan juga menunjang terciptanya tayangan video berkualitas tinggi meskipun dilihat melalui TV layar lebar.

Kamera memang menjadi andalan N8. Untuk itu, Nokia memasang kamera beresolusi 12 Megapiksel dengan lensa Carl Zeiss, angka F (aperture) F2,8, panjang fokus 5,9 Milimeter, fungsi autofocus, aplikasi pengenal wajah dan lampu kilat Xenon. Agar pengguna dapat melakukan panggilan video, vendor ponsel asal Finlandia itu juga memasang dua kamera.

Kamera kedua mengadopsi layar berteknologi VGA dengan resolusi 640x480 piksel. Sedangkan kamera video memiliki resolusi 720p dengan kualitas high definition.

Lain halnya dengan N8, iPhone 4 mengaplikasikan kamera beresolusi 5 Megapiksel. Meski begitu, kamera sudah dilengkapi dengan kemampuan geo-tagging video dan dapat merekam video dengan resolusi 720 p.

Jika Anda hobi memotret, tetapi malas membawa kamera, Nokia N8 tampaknya pilihan yang tepat. Namun, iPhone pun tak kalah asyik karena kamera beresolusi 5 Megapiksel miliknya sudah cukup kalau hanya sekadar ingin mengabadikan momen-momen penting di sepanjang perjalanan.

http://pakar-iklan.blogspot.com/2010/10/perbedaan-antara-nokia-n8-dan-iphone-4.html

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...