Kalau gagal, engga apa-apa

Seharusnya kita merasa beruntung masih mndapatkan kegagalan karena dengan begitu kita dapat mencapai kebahagiaan

Gagal kan bukan berarti menutup jalan masa depanmu, justru kegagalan merupakan awal dari masa depan yang kamu idamkan.

Marilah kita sama-sama belajar dari kegagalan dan memaknainya selalu. Kegagalan memang manusiawi, sebab manusia memiliki keterbatasan dalam hidupnya. Manusia tidak diciptakan menjadi makhluk serba tahu. Manusia barulah akan mengetahui banyak hal ketika dia banyak melakukan percobaan. Ketika menang, akhirnya kita tahu bagaimana kita bisa melangkahkan kaki untuk menjadi pemenang, demikian pula ketika gagal, akhirnya kita juga semakin tahu di sebelah mana yang dapat menyebabkan kegagalan. Tentunya setelah itu, kita tidak boleh melakukan kegagalan yang sama secara berulang-ulang.

Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang kita inginkan jangan kecewa pada kegagalan. Jika kita ingin mendapatkan kebaikan, belajarlah dari kegagalan. Kegagalan yang diberikan Allah harus kita manfaatkan sebagai ajang introspeksi diri. Jangan biarkan kegagalan hanya menyisakan kesedihan dan kita tidak sukses mengambil pelajaran yang diberikan.



Manfaat kegagalan

 
1. Kegagalan akan memberika kita tambahan pengetahuan (ilmu).
2. Kegagalan yang disikapi dengan positif akan memberikan tambahan kekuatan untuk menjalani hidup.
3. Kegagalan adalah tangga untuk meraih prestasi.
4. Kegagalan akan memberikan banyak hikmah, sehingga kita dapat melakukan langkah berikutnya dengan lebih baik.



"Dan sesungguhnya kami benar-benar akan menguji kamu agar kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu." (QS. Muhammad : 31)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...