CAPE TOWN - Seekor simpanse yang kecanduan rokok akhirnya tutup usia. Penyebab kematiannya bukan karena bahaya rokok, melainkan usianya yang sudah tua. Usianya lebih tua 10 tahun dari rata-rata simpanse.

'Charlie sang Kera Perokok' terkenal karena kebiasaannya, dia mengambil rokok yang dilemparkan oleh pengunjung dan menghisapnya.

Juru bicara Kebun Binatang Mangaun Qondile Khedama mengatakan, Charlie tidak terlalu sering merokok, tapi dia terkenal di seluruh dunia karena kebiasaannya itu. Demikian lansir Telegraph, Kamis (7/10/2010).

Dia menjelaskan, meski kebun binatang selalu mencegah simpanse itu melakukan kebiasaannya, tapi pengunjung selalu melemparinya dengan rokok yang menyala.

Charlie sudah mendapatkan perawatan istimewa, termasuk dies spesial dengan suplemen protein, vitamin dan mineral.

Masih belum diketahui apakah kebiasaannya ini menjadi penyebab matinya Charlie atau bukan, hal ini masih harus diteliti.

Simpanse itu mengerti bahwa dilarang merokok, dia akan mencoba untuk bersembunyi dari penjaga kebun binatang untuk merokok.

Charlie terbiasa untuk memungut puntung rokok ketika dia masih berada di sirkus. Diperkirakan Charlie diajarkan untuk merokok untuk menghibur para pengunjung.

http://www.slowbos.com/showthread.php?44083-Charlie-Sang-Kera-Perokok-Tutup-Usia&p=51930#post51930