Boss Wal Mart, Buka Rahasia Sukses Menjadi Terbesar dan Urutan Atas Terkaya Di Dunia


Tidak ada yang tidak tahu bahwa Wal Mart adalah raksasa ritel terbesar di AS. Dan dalam edisi terbarunya tahun ini, bahkan majalah Forbes menempatkan ( para pemilik ) Wal Mart sebagai jajaran dan urutan atas pada daftar orang-orang terkaya di dunia !
Dan tidak ada yang tidak tahu pula bahwa Sam Watson-lah otak di belakangnya.

Padahal sejarahnya, Wal Mart memulai usahanya hanya dengan sebidang toko kecil.
Dalam setiap kesempatan Sam Watson berkata : Inilah kunci segala kesuksesan kami.
Dan ternyata ada 10 kunci yang menjadi senjata rahasia kesuksesan Sam Watson menjadikan Wal Mart raksasa ritel yang terbesar :

Kunci 1
Dedikasikan diri pada perusahaan. Yakinila bisnis anda lebih baik dari orang lain. Atasai semua kekurangan dengan semangat tinggi dalam mengerjakan tugas. Jika mencintai pekerjaan, setiap hari anda akan berusaha sebaik mungkin sehingga semua orang akan ketularan semangat itu.

Kunci 2
Bagika keuntungan kepada semua teman sejawat, perlakukan sebagai mitra.
Sebagai balasan, mereka akan memperlakukan anda sebagai mitra. Berlakulah sebagai pemimpin sekaligus pelayan. Tanamkan semangat ikut memiliki. Tawarkan saham dengan potongan harga, dan berikan saham ketika mereka pension. Niscaya, bersama anda mereka akan bekerja lebih baik daripada yang diperkirakan siapapun.

Kunci 3
Uang dan kepemilikan belumlah cukup.Pikirkan cara baru untuk memotivasi dan member tantangan mitra anda. Pancangkan tujuan yang tinggi, pelihara suasana kopetitif tapi catat prestasi mereka. Buatlah pertandingan dengan berbagai hadiah memikat. Namun jika suasana sudah membosankan adakan perubahan.

Kunci 4
Komunikasikan semua hal pada seluruh mitra. Semakin banyak mereka tahu, semakin besar pemahamannya, maka akan semakin peduli.
Setelah mereka peduli maka tidak ada yang bisa menghentikan mereka. Informasi adalah kekuatan dan keuntungan yang anda dapatkan dengan memperkuat rekan sejawat ini akan lebih besar daripada resiko bocornya informasi ke pesaing.

Kunci 5
Hargai apa yang dilakukan teman sejawat. Gaji dan saham hanya bisa membeli sedikit kesetiaan. Namun semua orang akan merasa senang dihargai atas apa yang dilakukan. Bila perlu berilah penghargaan sesering mungkin, terutama kalau melakukan sesuatu yang membanggakan.
Tidak ada yang dapat menggantikan pujian tulus yang dilakukan pada tempat dan waktu yang tepat.

Kunci 6
Rayakan keberhasilan anda. Jadikan kegagalan sebagai hiburan. Kendurkansedikit syaraf, demikian pula orang di sekitar anda.

Kunci 7
Dengarkan semua orang di perusahaan anda. Cari jalan agar mereka mau bicara. Misal pekerja garis depan yang mengetahui sebenarnya apa yang terjadi. Untuk memberikan tanggung jawab dan mendorong munculnya gagasan yang lebih baik, dengarkan apa yang disampaikan para sejawat.

Kunci 8
Lampaui harapan para pelanggan. Dengan demikian mereka akan terus dating ke took anda. Berikan lebih dari apa yang mereka inginkan. Beri tahu bahwa anda menghargai mereka. Jangan malu minta maaf kalau membuat salah.

Kunci 9
Kendalikan pengeluaran lebih baik dari pesaing. Disinilah letak kompetitif advantage-nya.Anda akan selalu bisa memperbaiki kesalahan bila menjalankan operasi secara efisien. Karena meski sudah menjalankan operasi dengan bagus, kalau tidak efisien maka anda bisa merugi.

Kunci 10
Berenanglah melawan arus. Ambil jalan lain. Jangan perhatikan cara yang lazim ditempuh banyak orang.Dengan begitu anda akan memperoleh kesempatan lebih besar untuk mendapatkan tempat khas anda sendiri. Namun bersiaplah menerima kritikan.

http://www.waspbook.co.cc/2010/09/boss-wal-mart-buka-rahasia-sukses.html

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...