[Berduka]Wasior Papua Barat Banjir Bandang 56 Orang Tewas



Mengejutkan. Jarang diberitakan media tiba tiba Wasior di Papua Barat diterjang banjir bandang hingga sedikitnya 56 orang meninggal, 60 terluka dan 7 orang hilang, Selasa (5/10/2010).

Jumlah korban dimungkinkan akan terus bertambah akibat banjir bandang tersebut karena 31 rumah hanyut, rumah sakit rusak parah, bangunan SD, SMA, masjid, hotel dan jembatan juga rusak. Demikian dijelaskan Kepala pusat informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Priyadi Kardono dikutip bbc.

Dia menambahkan, jumlah korban bisa saja bertambah karena sebagian terseret air sampai ke laut. Ratusan orang dilaporkan mengungsi akibat banjir ini namun sampai sekarang jumlahnya belum diketahui karena masih dilakukan pendataan.

Sebelumnya juru bicara Kementerian Kesehatan Tritarayati mengatakan, banjir terjadi mulai pukul 08.30 WIT hari Senin kemarin di Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mengakibatkan aliran listrik terputus.

Sebanyak 60 orang terluka telah dikirimkan ke rumah sakit Nabire 52 orang, rumah sakit Manokwari tujuh orang dan satu orang dikirimkan ke rumah sakit Makasar untuk perawatan.

Kementerian Kesehatan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah mengirimkan tujuh tenaga kesehatan, 100 buah kantung mayat, satu ton makanan untuk anak kecil dan satu ton obat-obatan. Bantuan itu telah dikirim ke Wasior dan baru sampai Selasa malam.

Priyadi menjelaskan, logistik berupa peralatan dan obat-obatan sekitar 13 ton sudah meluncur ke daerah bencana dan diperkirakan sampai Selasa malam atau Rabu pagi. Menurutnya, tidak ada kesulitan dalam evakuasi korban dan pengungsi karena banjir terjadi di wilayah kota.

http://www.tribunnews.com/

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...