Lentera Romawi Ditemukan di Inggris

Sebuah lentera utuh dari perunggu dari zaman Romawi dan diduga oleh para ahli sebagai satu-satunya di Inggris ditemukan di satu ladang oleh orang yang tertarik untuk mendeteksi logam.





Benda unik peninggalan sejarah tersebut, yang berasal dari antara abad ke-1 dan ke-3 SM itu ditemukan Danny Mills (21) dalam kegiatan pendeteksian di dekat Sudbury, Suffolk. Mills melaporkan temuan itu ke beberapa ahli arkeologi setempat dan pemilik lahan tersebut belakangan menyumbangkannya kepada museum wilayah.



Konservator di Colchester and Ipswich Museum, yang mengembalikan obyek tersebut, mengatakan itu adalah contoh hasil karya manusia yang sangat langka dan indah. Beberapa ahli arkeologi mengatakan Museum Inggris di London hanya memiliki beberapa potong temuan serupa dan barang simpanannya yang hampir lengkap ditemukan di kota Pompeii, Romawi, di Italia selatan.

Suffolk dikenal dipenuhi vila Romawi dan negara permukiman pada abad ke-2 dan banyak ahli berspekulasi wilayah itu mungkin telah digunakan oleh tuan tanah kaya untuk berpindah di antara vilanya dan rumahnya pada malam hari.



Lentera tersebut menyamai lampu badai modern dan api di lentera itu diduga telah dilindungi oleh lapisan tanduk tipis, yang sekarang sudah rusak. Tanduk tersebut diduga telah diiris sampai tembus pandang. "Yang sangat mengagumkan pada lentera itu ialah rantai yang digunakan untuk menggantunya masih kelihatan dan dapat bergerak seperti rantai modern dan belum dimakan karat sehingga jadi gumpalan logam," kata Hogarth.



Lentera itu baru-baru ini telah ditampilkan di satu epidose serial BBC, "Digging for Britain", dan dapat dilihat di Ipswich Museum.

Sumber Kompas.com

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...