PENGALAMAN SELAMA BETERNAK BEBEK PETELUR


Dari :

RIKMA, Peternak bebek ,Blitar


Beternak bebek petelur adalah sesuatu pekerjaan yang memang sulit-sulit mudah. Mudah bila kita tahu cara pemeliharaannya dan mengetahui pakan yang berkulitas serta ekonomis untuk bebek kita. Dan sulit kalau kita hanya berharap keuntungan dari telur bebek tanpa mengetahui teknis pemeliharaan dan pakan yang berkualitas serta ekonomis untuk ternak bebek petelurnya.


Dari segi pemeliharaan beternak bebek petelur kalau kita lihat memang lebih mudah dibandingkan dengan beternak ayam petelur . kegiatan yang dilakukan lebih sedikit di bandingkan beternak ayam petelur dan para peternak bebek tidak dipusingkan dengan jadwal vaksin terjadwal yang harus dilakukan .


Dari segi pakan dalam beternak bebek banyak sekali bahan yang dapat dijadikan bahan pakan campuran dengan konsentrat antara lain: katul, jagung, karak nasi, roti kadaluarsa , krupuk kadaluarsa, menir dll, maka tidak heran dari setiap daerah peternakan bebek ransum yang digunakan berbeda antara daerah yang satu dengan yang lainnya, dan dalam beternak bebek menurut saya tidak ada formula ransum yang terhebat yang dapat diterapkan Justru yang terhebat adalah strategi untuk mengungkap dan mengolah bahan pakan potensial setempat untuk menjadi pakan aman dan sehat atau produk ekonomis yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh itik petelurnya..


Disekitar peternak bebek didaerah blitar sini beredar yang dinamakan Kebi, yang berbagai macam jenis dan kualitasnya..Kebi adalah bahan pakan campuran sumber kalori , biasanya bahan untuk kebi terdiri dari menir, katul, gaplek , roti kadaluarsa, karak nasi dll.


Kebanyakan peternak bebek di blitar mencampurkan kebi dan sedikit katul sebagai sumber kalori dan konsentrat pabrik sebagai sumber proteinnya. untuk ransum bebek petelurnya.

Sekedar saran dari saya untuk teman-teman peternak bebek di blitar dalam memilih kebi jangan terfokus pada warna yang putih, wangi dan kelembutan dari kebi. Bisa saja warna putih lembut karena gaplek nya yang lebih banyak. Dan kalau bisa juga mengetahui kandungan kalori dan protein kebi yang akan di gunakan, sebab bagus atau tidaknya kebi akan menentukan jumlah konsentrat dalam ransum dan menghabiskan banyak atau tidaknya pakan bebek petelur kita.




Mesin Tetas Berkualitas
untuk pemesanan SMS :
085859162337

Mesin tetas ini sangat cocok digunakan oleh pemula karena cukup user friendly (mudah digunakan). Memiliki tingkat keberhasilan penetasan yang tinggi. Dapat digunakan untuk menetaskan telur ayam kampung, itik, ayam arab, ayam serama, ayam nagadori dan jenis unggas lainya.


CUF - 60
(thermostat manual)
(semi otomatis/sistem rak putar )
Central Unggas Produsen Mesin Tetas Berkualitas
Ready Stok
Harga+Ongkos kirim ke Luar Pulau Jawa
Rp. 600.000,-
Harga+Ongkos kirim Dalam Wilayah Pulau Jawa
Rp. 500.000,-
Kapasitas Penetasan:
80-100 butir telur kampung
(PxLxT) = (60x30x32)


Mesin tetas sederhana ini bisa juga dijadikan prototipe untuk membuat mesin tetas dengan kapasitas penetasan yang lebih besar. Dengan mengambil perbandingan yang sama dari luas ruangan dan kebutuhan penyinaranya, anda bisa merancang mesin tetas sendiri dengan kapasitas penetasan yang lebih besar tanpa harus membeli thermostat baru lagi.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...