KATUL SEBAGAI BAHAN POKOK CAMPURAN PAKAN AYAM PETELUR

Setelah konsentrat dan jagung, katul atau dedak adalah komponen pokok dalam campuran untuk pakan dari ayam petelur. Dalam beberapa musim katul gampang untuk di dapatkan, demikian juga pada bulan bulan tertentu katul ini sulit sekali di dapatkan dan harganya melambung tinggi.

Sebagai peternak kita harus memahami karakteristik dari ini. Pada dasarnya ada tiga macam jenis dari katul ini:
      1. Katul poles/PK1 atau grantex.
        Katul ini merupakan proses pertama dari pecah kulit padi. Jadi katul ini masih campur dengan sekam atau kulit padi nya. Jenis ini tentunya sangat tidak baik jika di jadikan campuran untuk pakan layer/petelur. Katul jenis ini biasanya cocok hanya untuk dijadikan pakan sapi perah atau untuk para peternak babi di bali.
      2. Katul PK2. Katul ini merupakan katul yang dihasilkan dari padi yang sudah masuk mesin PK1 dan sekamnya sudah dipisahkan, kemdian masuk ke poles sehingga katul yang di hasilkan kadar sekamnya sudah lebih sedikit dari katul PK1. Jenis katul ini sudah cukup layak untuk dijadikan campuran pakan bersama dengan jagung dan konsentrat.
      3. Katul Separator. Katul ini di hasilkan dari mesin poles yang padinya sudah melalui beberapa kali proses Pecah Kulit(PK) sehingga hampir bisa di katakan prosentase dari sekam padinya cuma 5%. Katul jenis ini sangat layak untuk di jadikan campuran pakan ternak. Tentu saja harga katul jenis paling mahal harganya.
Padi saat katul sulit seperti sekarang ini, susah sekali mencari katul asli, banyak sekali katul yang beredar merupakan katul PK1 yang di giling kembali, bahkan lebih parah lagi banyak para pedagang katul ini yang mencampur katul tersebut dengan tepung batu yang merupakan bahan dasar keramik dan bentuknya mirip sekali dengan katul.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya tepung batu dan banyak sedikitnya sekam giling dalam katul ini, farm kami menggunakan larutan tertentu untuk dapat mendeteksi campuran yang didalam katul tersebut.
Biasanya larutan ini digunakan oleh pabrik pakan untuk Quality Control katul yang masuk ke pabrik.

Sebagai bagian dari peternak untuk musim katul mahal seperti ini sebaiknya kita justru menggunakan katul separator untuk campuran pakan ternak kita. Karena katul separator justru lebih tinggi ke aslianya. Daripada kita menggunakan katul yang lebih murah tapi justru akan merusak produksi telur dari layer kita.




Jember Cukup Terkanal dengan Kualitas Katul Separatornya
Jika anda berminat silahkan pesan ke:

Pak Totok
081 336 214 333


Distributor Katul/Dedak dari Jember

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...