Kiat Melawan Rasa Lelah Saat Bekerja

Apabila anda sering merasa kelelahan baik fisik maupun bathin setelah bekerja seharian, sebaiknya jangan anggap remeh. Karena bekerja di kantor tidak mengandalkan tenaga fisik.

Dugaan pertama tentu saja anemia yang sering diistilahkan sebagai "kurang darah". Tapi sebenarnya anemia diakibatkan oleh kekurangan zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin. Kekurangan hemoglobin akan menurunkan kemampuan darah mengangkut oksigen.

Tubuh akan kekurangan bahan bakar sehingga menjadi cepat lelah. Jika anda bukan penderita anemia atau gangguan darah lainnya, maka kelelahan sangat mungkin diakibatkan kombinasi gaya hidup yang tidak sehat, masalah di tempat kerja dan stres. Ada beberapa cara untuk meningkatkan stamina agar anda tidak mudah lelah, simak berikut ini.

Ingin tenaga tambahan setiap hari, jagalah pola makan anda. Minum banyak air, tubuh yang kekurangan cairan, kurang berfungsi dengan baik. Hati-hati terhadap kafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola mungkin bisa meningkatkan energi tetapi pemakaian yang berlebihan akan mendatangkan masalah dan menurunkan kinerja fisik anda.

Sarapan pagi setiap hari akan memberikan energi lebih, karena sisa energi dari hasil makan malam tidak akan mencukupi kebutuhan energi hingga siang. Konsumsikan makanan yang mengandung zat besi. Bagi kaum perempuan, sebaiknya lebih hati-hati terhadap anemia karena lebih mendominasi.

Penyebab kelelahan adalah kurang tidur atau tidak berkualitasnya tidur anda. Tidur yang cukup, karena orang dewasa membutuhkan 8 jam tidur setiap malam. Batasi kafein dengan meminumnya pada malam hari karena akan memicu insomnia.

Belajar relaks. Jangan memikirkan masalah pekerjaan sebelum tidur, tapi pikirkan hal yang menyenangkan anda. Atau jika perlu bermeditasilah sebelum tidur agar pikiran anda lebih tenang. Sebaiknya hindari pil tidur, karena biasanya siang hari anda akan merasa mengantuk. Hal ini terjadi karena tubuh masih memiliki hak untuk tidur yang tidak sesuai tetapi anda menggantikannya dengan secangkir kopi. Meskipun anda meminum kopi, tetap saja tubuh merasa lelah dan mengantuk.

Gaya hidup tidak sehat membuat tubuh tidak berfungsi optimal. Jangan merokok, karena karbon monoksida dari asap rokok mengurangi jumlah oksigen yang ada dalam darah. Jadi kaum perokok akan kurang energik daripada non perokok.

Tingkatkan aktivitas fisik. Olahraga akan mengurangi tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran dan memudahkan anda tidur nyenyak.

Faktor psikologis sering menjadi penyebab kelelahan. Yang pertama adalah cara menempatkan diri. Seberapa sering anda menempatkan diri sendiri dalam stres yang sebenarnya bisa dihindari. Masalah yang mungkin menjadi penyebab kecemasan dan depresi yang berlarut-larut sebaiknya konsultasikan dengan ahli jiwa.

Berlatih relaksasi dan bersantai. Kecemasan yang terus menerus akan menghabiskan energi. Cobalah belajar teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga. Kehidupan modern melelahkan, jadi cobalah bersantai di akhir pekan. Semoga berhasil. sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...