Tidak Pernah Dapat Angpao

HATI kecil Susan Bachtiar merasa ngiri terhadap anak-anak yang merayakan imlek di jaman sekarang ini. Dulu, pada waktu Susan masih kecil, tidak ada tradisi dalam keluarganya merayakan imlek tiap kali datang tahun baru China.

“Jadi, ya dari kecil saya nggak pernah terima angpao saat imlek,” kata Susan Bachtiar, dalam nada canda. Presenter berdarah Tionghoa baru memulai tradisi perayaan imlek setelah dirinya menikah. Karena sudah dewasa dan berpenghasilan, tentu bukan saatnya lagi dia berharap mendapat angpao. Kini dia justru dalam posisi membagi-bagi angpao kepada anak-anak setiap perayaan imlek.

“Dari kecil memang tidak ada tradisi Imlek di keluarga saya. Hanya, setiap malam Imlek ayah berdoa,” tutur pemilik wajah rupawan itu. Setelah menikah, pemain film Perempuan Punya Cerita itu mulai mengenal Imlek. “Arti Imlek buat saya adalah makan-makan, kumpul dengan keluarga, dan bagi-bagi angpao,” tuturnya.

Dalam memberikan angpao, Susan membiasakan diri membuat daftar nama orang-orang yang akan diberi. Dia memprioritaskan angpao kepada mereka yang dia cintai dan sudah banyak membantu aktifitas kesehariannya.(okz)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...