Tanaman Suji Yang Membawa Hoki

Ini merupakan hamparan tanaman suji atau dalam bahasa latinnya disebut Drassena Sp. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat. Tanaman ini termasuk jenis famili liliceae yang bentuk fisiknya mirip bamboo, karena itu dikenal juga dengan sebutan bambu hoki.

Disebut hoki karena tanaman ini bagi masyarakat etnis Tionghoa dipercaya membawa keberuntungan atau hoki. Tanaman suji mudah beradaptasi serta dapat tumbuh diberbagai jenis tanah dan tempat. Bahkan dapat tumbuh dengan baik hanya dengan direndam di air.

Di Sukabumi, suji ditanam masyarakat diberbagai tempat. Sebagai pagar di pekarangan rumah atau sebagai pembatas tanah. Suji kini berkembang menjadi tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Permintaan ekspornya cukup tinggi terutama dari China dan Korea.

Tanaman suji dijual berdasarkan panjang dan diameternya. Harganya bervariasi antara dua puluh lima rupiah hingga lima puluh rupiah per meter. Proses perangkaiaan tanaman suji dimulai dari pemilihan batang pohon yang berkualitas baik. Lalu dikupas kulitnya, hingga bentuk batangnya tampak seperti bamboo.

Setelah itu dibersihkan dengan cairan disinfektan, agar steril dari bakteri dan hama penyakit. Kemudian batang suji dipotong sesuai ukuran. Lalu disemai selama 4 minggu hingga tumbuh tunas. Setelah keluar tunas, dirangkai sesuai bentuk yang diinginkan. Ide kreatif diperlukan dalam proses perangkaian ini.

Rangkaian tanaman suji atau bambu hoki ini tahan terhadap berbagai macam cuaca. Dalam kondisi seperti ini, bisa bertahan hidup hingga beberapa tahun. Dipasaran lokal rangkaian tanaman suji atau bambu hoki dijual seharga sepuluh ribu hingga tujuh puluh lima ribu rupiah, tergantung bentuk rangkaiannya.

Sedangkan untuk pasaran ekspor, harganya berkisar 1 dolar hingga 7 dolar Amerika Serikat. Nah bila anda tertarik, dapat mencoba menekuni usaha merangkai tanaman suji atau bambu hoki ini. Siapa tahu usaha anda membawa hoki. Apalagi tanaman ini dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. (Helmy Azahari/Dv)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...