Nenek Berusia 77 Tahun akan Daki Gunung Everest

KATHMANDU: Sebuah tim beranggotakan 10 wanita yang mewakili berbagai kasta dan berbagai daerah di Nepal, termasuk seorang nenek berusia 77 tahun, ditetapkan akan memanjat Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, pada pertengahan April mendatang.

Pemba Dorje Sherpa, seorang pria pemanjat gunung yang pernah mencatat rekor memanjat Gunung Everest dalam waktu tersingkat (8 jam 10 menit), akan memimpin dua tim yang masing-masing beranggotakan 35 orang, menurut surat kabar Himalayan Times.

Mereka akan menjalankan misi mereka pada 14 April. "Kami akan mendaki Gunung Everest dengan misi utama mewujudkan perdamaian abadi di negara ini, juga untuk keberhasilan Sidang

Konstituante," kata dia dalam suatu konferensi pers yang diprakarsai Himalayan White House International College.

Sidang Konstitiante itu akan dilakukan pada April, dan Sidang Konstituante itu dibentuk untuk menetapkan program politik masa depan

Nepal.

Pemba mengatakan pihaknya berkepentingan menghimpun para wanita dari berbagai daerah di Nepal untuk mencatat suatu rekor. "Banyak wanita asing telah mencatat rekor memanjat Gunung Everest," katanya. Ia menambahkan, "Kami pun ingin memperlihatkan bahwa wanita Nepal juga memiliki kemampuan seperti para wanita dari negara-negara lain, dan kami juga akan mampu mencatat rekor dunia seperti mereka."

Menurut dia, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada para wanita itu selama enam bulan. Mereka dijadwalkan kembali pada pekan pertama bulan Juni. Ia akan memimpin kelompok pertama wanita dan kemudian disusul kelompok warga lanjut usia.

"Min Bahadur Sherchan adalah wanita yang sangat berhasrat untuk mencatat rekor dunia sebagai manusia tertua yang memanjat Everest," Pemba mengatakan dan menambahkan, "Sherchan telah memanjat gunung-gunung setinggi 6.000 meter."

PBB dan Kementerian Kebudayaan, Pariwisata dan Penerbangan Sipil (MoCTCA), Nepal, memberi dukungan biaya atas misi panjat gunung itu, kata laporan tersebut. (Ant/OL-2)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...