Menyanyi Bisa Membikin Badan Gemuk

Apakah bernyanyi bisa dianggap sebagai olahraga? Mampukah tarik suara menurunkan berat badan? Bagaimana dengan almarhum Pavarotti? Pertanyaan 'maksa' yang sering jadi senjata berkelit untuk menggerakkan badan.

Bernyanyi terutama yang memerlukan tarikan nafas dalam seperti pelantun opera tentu saja menggerakkan otot pernafasan. Sebuah penelitian mengindikasikan kegiatan bernyanyi memberi manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, namun tidak ada bukti mampu menurunkan berat badan.

Malahan, sebuah survei kecil menyebutkan, mengolah suara justru membuka peluang berat badan bertambah.

Pada 1986, penelitian yang dituliskan pada The American Journal of Nursing membandingkan fungsi jantung dan paru-paru 20 penyanyi opera berusia antara 28-65 tahun. Sebagai pembanding adalah kelompok yang bukan penyanyi, berusia di bawah 40 tahun.

Hasilnya, penyanyi opera memiliki otot dada yang kuat dan jantung memompa darah lebih baik. Para penyanyi juga mempunyai paru-paru yang terawat baik, padahal umumnya fungsi alat pernafasan ini merosot pada saat usia bertambah.

Penelitian serupa kembali dilakukan 20 tahun kemudian terhadap empat penyanyi. Difokuskan pada otot yang lebih spesifik dan bagian tubuh yang terkait langsung dengan kegiatan latihan menyanyi intensif selama tiga semester.

Penelitian itu mengukur volume paru-paru, rongga dada dan ekspansi lingkar perut. Hasilnya menyebutkan sistem pernafasan amat responsif terhadap latihan vokal, bahkan untuk periode singkat.

Sebaliknya, hasil penelitian pada 2005 menyebutkan penyanyi yang 'mengolahragakan' paru-paru ternyata merangsang otak melepaskan hormon leptin. Hormon ini berperan dalam produksi sel-sel lemak, membantu tubuh membangun ruang-ruang untuk menyimpannya.

Kesimpulannya sudah dapat ditebak, berat badan melambung. Tapi dengan catatan, yang bersangkutan tidak berolahraga dengan cukup. Jadi, daripada banyak berkelit, berhitung, jalan keluarnya gampang saja, jogging.... sambil bernyanyi. [L1]

Sumber : INILAH.COM, Jakarta

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...