Latih Napas Untuk Usir Penyakit

SAAT ini olahraga pernapasan atau thai chi tidak sepopuler cabang prestasi maupun non-prestasi yang terdaftar di KONI Kalsel.

Padahal sejak pertama masuk Banjarmasin sekitar 1966, sport yang bernaung di bawah Persani (Persatuan Senam Seluruh Indonesia) ini sempat sangat digemari.

Pada zaman keemasannya, thai chi jadi olahraga wajib di setiap instansi pemerintah maupun swasta. “Malah masuk kurikulum SD hingga SMA,” kata Hj Artitah Harinaji (68), Ketua Harian Persatuan Olahraga Pernapasan (Porpi) Kalsel.
Dituturkan Dirut PT RP Soeprapto ini, thai chi diperkenalkan oleh Budhi Surya, Dirut PT Daya Sakti Timber Group Banjarmasin, yang kemudian menjadi ketua umum pertama organisasi ini.

Dia mewajibkan karyawannya yang berjumlah ratusan ikutan. Kegiatan itu lantas diikuti Gubernur Kalsel, Soebarjo, dengan mengadakan senam saban pagi di gubernuran.

Sayang memasuki tahun 80-an pamor olahraga pernafasan mulai memudar. Kendati begitu, hingga kini dibawah pimpinan Karlie Hanafi SH MH, peminatnya masih ada.

“Kita latihan setiap pagi mulai pukul 5.30 hingga 6.30 di beberapa tempat seperti Jl Nagasari, Jl Veteran dan Jl Kebun Bunga,” sebut Artitah yang ketua Porpi Banjarmasin Barat.

Menurutnya, olahraga pernapasan masih bertahan lantaran terbukti ampuh mengusir penyakit seperti maag sampai asma. “Saya sendiri sebelum ikutan suka pusing. Namun setelah itu tidak lagi,” aku Artitah.

Kehebatan olahraga asal China ini juga dirasakan Go Lian Hwa, wanita keturunan Tionghoa berusia 60 tahun.

“Badan selalu bugar karena aliran darah lancar. Bahkan saya masih bisa berteriak nyaring,” kata pemilik toko bangunan Bintang Selatan ini.

Go juga pernah mengalami kejadian yang tidak pernah dilupakannya. “Saat itu saya tersandung di kamar mandi. Biasanya kalau kejadian tiba-tiba seperti itu yang kena duluan pasti muka kita. Namun saya masih bisa refleks dengan menahan wajah dengan kedua tangan,” kenang wanita yang sudah 23 tahun rutin latihan thai chi. (burhani yunus)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...