Jet Li Aktor Terbaik Hong Kong 2008



KEMENANGAN: Jet Li (kanan) dan Andy Lau berpose dengan trofi yang mereka raih pada Hong Kong Film Awards, Minggu malam. Selasa, 15/04/2008

JET LI meraih penghargaan aktor terbaik dalam ajang Hong Kong Film Awards. Penghargaan itu didapat berkat perannya dalam The Warlords. Li berhasil menyisihkan pesaingnya di kategori aktor terbaik, bintang pujaan Hong Kong,Andy Lau.Lau di ajang ini harus puas meraih gelar aktor pendukung terbaik.

”Kalau saja saya tidak terlibat di banyak film kungfu,mungkin saya sudah dapat memenangkan gelar aktor terbaik 20 tahun lalu,”kata Li, yang dikenal dunia lewat film Fearless dan Cradle 2 The Grave. Film The Warlords mengambil setting negeri China pada masa peperangan pada abad ke-19.

Selain penghargaan aktor terbaik untuk Jet Li, film arahan Peter Chan ini juga meraih delapan piala lain, termasuk untuk kategori film terbaik dan sutradara terbaik. Usai menerima piala Minggu(13/4) malam lalu,Li sempat mengungkapkan permohonan maafnya kepada Andy Lau yang dinominasikan untuk dua kategori dan juga tampil dalam The Warlords.

”Saya minta maaf.Saya telah mengkhianati kamu, Kakak!” kata aktor berusia 44 tahun ini, seperti dikutip AFPdari South China Morning Post. Andy Lau,yang merupakan aktor kawakan Hong Kong, membawa pulang piala aktor pendukung terbaik berkat filmnya yang berjudul Protégé.

Film ini juga meraih penghargaan untuk kategori penyunting terbaik.Sementara film Lust,Caution karya sutradara Taiwan Ang Lee, dinobatkan sebagai film asia terbaik. Gelar aktris terbaik diraih oleh Siqin Gaowa untuk perannya dalam film The Postmodern Life of My Aunt. Film ini juga dibintangi oleh megastar Hong Kong Chow Yun-fat. Sementara sutradara Johnnie To tahun ini lebih beruntung dibandingkan tahun lalu.

Pada perhelatan Hong Kong Film Awards kali ini,To berhasil memenangi kategori penulis skenario terbaik untuk film Mad Detective. Penghargaan khusus diserahkan kepada aktris Lydia Shum,yang meninggal pada awal tahun ini akibat penyakit kanker. Adapun penghargaan lifetime achievement award diserahkan kepada produser kenamaan Hong Kong, Raymond Chow. Dari studio film Golden Harvest milik Chow telah lahir bintang-bintang berbakat Hong Kong, di antaranya Jackie Chan dan legenda martial artBruce Lee. (titi sa)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...