Guru Pertama Bruce Lee

guru pertamanya, akan difilmkan
guru pertamanya, akan difilmkan

Kehidupan Ip Man yang mengajar Bruce Lee ilmu beladiri akan dibuat filmnya. SUDAH banyak orang mengetahui pada sosok Bruce Lee, tapi rasanya, hal itu tidak berlaku pada Ip Man, seorang master kungfu, yang juga pernah mengajarkan ilmu beladiri tersebut kepada Lee.

Sejumlah pembuat film Hong Kong saat ini tengah berancang-ancang membuat film yang akan mengangkat kehidupan Ip ke layar lebar. Film ini dibuat sebagai bentuk penghormatan atas jasa Ip, yang mempelopori beladiri kungfu hingga terkenal ke seluruh dunia.

Aktor Donnie Yen dan Sammo Hung dipastikan ikut terlibat dalam penggarapan film ini. Keduanya, sejak Selasa (26/2) sudah tiba dari AS untuk mengikuti proses syuting yang akan mengambil lokasi di kota kelahiran Ip di Foshan, sebelah baratlaut Hong Kong.

Yen, bintang laga yang turut membintangi film-film aksi semacam Blade II, Hero dan Shanghai Knights, akan tampil memerankan Ip. Menurutnya, peran ini adalah perna yang paling menantang, yang pernah diberikan kepadanya.

“Kami semua tahu, guru Ip Man mempromosikan kung fu China ke seluruh dunia. Dia juga mengajar idola saya, Bruce Lee. Jadi ketika saya diminta memerankan karakternya, saya justru merasa tertekan,” ujarnya.

Ip Man, lahir di Foshan pada tahun 1893. Ia mulai belajar berlatih sekitar tahun 1903 kung fu wing chun —yang merupakan akar dari beladiri yang dipelajari para biksu di Shaolin Temple — ungkap anak Ip, Ip Ching.

Ip hijrah ke Hong Kong pada tahun 40-an, setelah kalangan komunis menguasai tanah kelahirannya. Di Hong Kong, dia mulai mengajar kung fu sebatas kepada para pekerja restoran. Hingga akhirnya, muridnya mulai banyak termasuk Lee, sebelum ia meninggal di tahun 1973, saat usianya menginjak 32 tahun.

Lee belajar kung fu dari Ip selama lima tahun pada usia 13 tahun. Ip Chun, anak tertua Ip Man, mengutarakan ayahnya selalu bersama-sama Lee. “Hubungan mereka sangat baik. Mereka sering berlatih kung fu bersama,” kata lelaki berusia 84 tahun itu kepada AP. [national-news/tyo/]

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...