Aturan Feng Shui di Ruang Kerja

Belakangan ini ‘feng shui’ atau metodology peramalan serta analisa tata letak ruang yang berasal masyarakat China semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang meyakini, jika mengikuti aturan ‘feng shui’ maka segala sesuatu yang dikerjakannya akan berjalan lancar.

Pada dasarnya feng shui dikenal sebagai ilmu yang mempelajari cara meletakkan atau memposisikan segala sesuatu, terutama benda, untuk mempengaruhi keberuntungan dan kenyamanan serta keamanan seseorang. Makanya banyak orang yang memanfaatkan feng shui dengan harapan akan memperoleh keberuntungan. Dan pada kenyataannya, feng shui bukan hanya berlaku di rumah tetapi juga di kantor. Tata letak perabot atau benda yang berhubungan dengan pekerjaan diletakkan pada posisi yang harmoni dengan posisi Anda duduk (bekerja).

Meskipun masalah percaya atau tidak itu sepenuhnya hak Anda, namun nggak ada salahnya Anda ikuti petunjuk feng shui demi kenyamanan Anda di kantor. Coba perhatikan aturan feng shui di kantor berikut ini:

- Letakkan posisi meja kerja ke arah datangnya cahaya (sinar). Cahaya diyakini dapat mengaliri energi atau kekuatan pada tubuh dan pikiran Anda saat bekerja. Sekedar pemberitahuan, meja berbentuk L tidak bagus untuk kemajuan karir Anda di kantor. Tidak jelas apa alasannya namun disinyalir karena meja berbentuk L di kantor kurang proporsional dengan tubuh seseorang. Kalau bisa pilihlah ukuran meja 150 cm x 85 cm.

- Hindari duduk membelakangi rak buku yang terbuka (tanpa pintu penutup), karena rak macam ini akan menangkap semua “chi” (energi kreatif dari tubuh Anda) selama Anda bekerja seharian. Jika Anda melakukannya, konon daya kreatif Anda akan terhambat.

- Hindari duduk menghadap dinding atau membelakangi jendela, karena ini dianggap bad luck terhadap apapun yang Anda kerjakan di kantor. Jika tak ada pilihan lain, coba halaulah bad luck dengan memasang lukisan atau gambar pada dinding yang Anda belakangi. Jika Anda terpaksa duduk membelakangi jendela, letakkan cermin kecil di di atas komputer atau di atas meja, sehingga pengaruh buruk dari jendela bisa dihindari.

- Jika bagian punggung Anda membelakangi area aktifitas yang sibuk di kantor, misalnya membelakangi ruang rapat atau meja kerja rekan-rekan Anda, sebaiknya letakkan jaket atau blazer Anda pada sandaran kursi untuk ‘melindungi’ diri Anda dari berbagai hal yang tidak nyaman.

- Perhatikan penempatan komputer di meja kerja Anda, mengingat komputer memiliki energi besar terhadap daya kerja Anda. Letakkan komputer di atas meja dengan posisi senyaman mungkin. Hindari meletakkan asesoris yang berlebihan di atas meja, apalagi dengan warna-warna mencolok seperti merah, orange, biru atau ungu. Karena warna ini dapat menyerap energi positif dari komputer. Kalau tidak perlu, sebaiknya tidak usah meletakkan asesoris.

- Jika Anda senang memajang foto orang terdekat, letakkan pigura di sisi kanan meja. Pilihlah foto-foto yang berkesan ceria sehingga meningkatkan semangat kerja Anda. Disamping itu keberadaan foto orang terkasih di atas meja kerja melambangkan keharmonisan suatu hubungan yang erat.

- Letakkan posisi telepon sesuai dengan kebiasaan seseorang menggunakan tangannya. Jika Anda tidak kidal letakkan telepon di sisi kanan meja Anda. Tetapi jika Anda dominan dengan tangan kiri, letakkan telepon di sisi kiri meja. Pada intinya jangan meletakkan telepon ditempat yang sulit dijangkau karena akan menimbulkan ‘chi’ negatif yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

- Atur dan tata dengan rapi file-file penting yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Sebaiknya letakkan file-file ini di sebelah kiri meja. Hal ini akan memacu energi yang dapat memperlancar prestasi kerja anda.

- Kalau bisa letakkan alat-alat tulis Anda dalam vas bunga, karena benda tersebut menyerap radiasi elektromagnetik sehingga dapat meningkatkan produktifitas. Jangan lupa sediakan selalu segelas air minum di meja Anda untuk membantu stamina Anda saat bekerja. Namun perlu Anda ketahui, disebelah manapun Anda meletakkan keduanya (alat tulis dan air minum) dapat meningkatkan kreatifitas dan wawasan pengetahuan Anda.

- Letakkan tempat sampah di posisi kiri bawah meja dengan jarak berdekatan dengan meja sehingga memudahkan Anda menjangkaunya dan membuang sesuatu ke dalamnya. Lagipula hal ini dapat menghindari gangguan yang dapat menghambat kelancaran kreatifitas Anda.

Nah apakah feng shui di kantor Anda sudah benar? Meskipun tidak mutlak Anda turuti, feng shui perlu juga Anda pertimbangkan karena sebenarnya feng shui adalah suatu ajaran yang mengutamakan keharmonisan antara air, angin dan bumi, yang merupakan unsur utama kehidupan. Jika unsur-unsur ini Anda tata dengan baik, menurut kepercayaan China, rejeki dan kesehatan agar mengalir dengan baik. Hal ini membuat Anda lebih produktif dan nyaman menjalankan usaha. shg

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...