10 Gejala Pikun Usia Lanjut


Penyakit pikun dini bisa diperlambat perkembangannya dan digeser 5 hingga 7 tahun. 10 gejala besar - dini penyakit pikun secara ringkas sbb:

Pikun sekejap
Penderita seringkali lupa dalam mengingat sesuatu hal, sesudahnya tidak dapat mengingatnya lagi, malah barangkali menanyai berulang-ulang pertanyaan yang sama, telah melupakan jawaban yang sudah didengar.

Melakukan lalu Melupakan
Penderita bisa lupa telah membawa nasi dan lauk ke atas meja, bahkan telah melupakan nasi dan lauk yang sudah dibuatnya.

Kalimat tidak memuat apa yang hendak dikatakan
Barangkali kalimat sepele-pun bisa dilupakan penderita, atau tidak sanggup menggunakan kalimat/ungkapan yang pas untuk disampaikan.

Konsepsi waktu dan lokasi kacau
Penderita kemungkinan tersesat di jalanan lingkungan rumah atau tak dapat menemukan pintu rumahnya.

Daya estimasinya menurun
Penderita ada kemungkinan sama sekali lupa anak-anak yang sedang diasuhnya dan ditinggal pulang atau mudah sekali tertipu orang.

Kemampuan berpikir abstrak hilang
Penderita seringkali lupa kode nomer yang dirancangnya sendiri, jumlah saldo uang di bankpun telah lupa tuntas.

Sembarangan membuang barang
Penderita biasanya meletakkan barang di tempat yang tidak pas, atau menaruh banyak barang bekas seperti kertas afkir, potongan kain dll yang disimpannya bagaikan pusaka.

Sifat dan kelakuan berubah tak menentu
Di dalam kurun waktu pendek, kelakuan dan emosi barangkali dari kondisi tenang berubah menjadi berlinang air mata.

Perubahan karakter
Karakter si penderita mungkin bisa berubah menjadi drastis yang tidak masuk akal, seperti takut setan, mencurigai orang dll.

Kehilangan daya inisiatif
Sering berubah menjadi malas dibandingkan sebelumnya, tidak mau mengikuti segala kegiatan, bahkan kegiatan yang biasanya ia sukai. Juga tidak acuh terhadap orang lain.

(http://www.dajiyuan.com) Kutipan

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...