Ada Apa di Tahun Tikus Tanah ini?

Politikus Senior Berjaya, yang Muda Hadapi Tantangan

Pontianak,- Shio tikus dengan unsur tanah mendapat giliran untuk tampil pada Tahun Imlek 2559 ini. Umumnya, masyarakat Tionghoa percaya dengan prediksi dan keakuratan yang mengunakan kalender imlek ini. Untuk perhitungan musim kemarau dan hujan misalnya, kemudian pasang surutnya air serta yang lebih jauh lagi untuk memprediksi perolehan rezeki, dunia usaha, kesehatan, hari dan tanggal baik untuk suatu kegiatan dalam shio ini.

Salah satu tokoh masyarakat Tionghoa yang juga pengurus Majelis Adat Budaya Tionghoa Provinsi Kalbar, Andreas Acui Simanjaya, mengatakan bahwa berdasarkan prediksi beberapa catatan tentang shio dan unsur yang berinteraksi dengannya, ada hal yang patut diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari di tahun tikus ini.

Peluang bisnis misalnya, diperkirakan akan tumbuh dan mempunyai prospek baik pada bidang yang mengandung unsur tanah, antara lain properti, pertanian, peternakan, perbankan dan keuangan, bisnis media.

Diprediksikan juga, bisnis yang mengandung unsur logam juga akan mempunyai prospek yang baik, karena unsur logam merupakan penyeimbang antara unsur tikus dan tanah. Contoh usaha di bidang ini seperti industri besi/baja, sektor pertambangan, otomotif dan perbengkelan, serta perhiasan/aksesoris.

Sedangkan pengaruh unsur air, diprediksi akan menyebabkan gangguan pada sektor yang rentan terhadap unsur air, misalnya industri pengolahan kayu, mebel, pulp dankertas. Bisnis dengan unsur api juga diprediksi akan lesu, seperti bidang kimia, restoran, dan hiburan.

Demikian juga permainan valas (valuta asing), diprediksi pada tahun ini akan merupakan bisnis dengan resiko tinggi dan sulit untuk mendapatkan keuntungan. Pada tahun tikus ini, diprediksi juga para provokator tidak akan mendapatkan tempat. Provokator justru diprediksi akan mengalami celaka dari apa yang di harapkan terjadi pada orang lain. Usahanya untuk membangun pertentangan, amarah, anarkis dan mengobarkan api/rusuh akan membuat para provokator terjebak dan terancam resiko yang berat.

Andreas Acui Simanjaya melanjutkan, berdasarkan prediksi beberapa catatan tentang shio dan unsur yang berinteraksi dengannya, orang dengan temperamen tinggi disarankan dapat bisa bersikap lebih tenang dalam tahun ini. Soalnya, gejolak emosinya bisa mengancam keselamatan jiwa dan keluarganya. Ini juga bisa bisa berarti akhir dari karirnya.

Bagaimana halnya dengan dunia politik di tahun tikus tanah ini? Kata Andreas Acuy, adalah saatnya tokoh-tokoh yang sudah senior dan piawai dalam bidang ini yang akan banyak berperan. Sedangkan politikus muda, diprediksi justru menghadapi tantangan karena kurangnya pengalaman dan sebagian mengalami megalomania. “Para senior yang matang, tenang dan mampu menempuh jalan yang demokratis dan damai yang akan mampu berkiprah,” katanya.

Masih dari prediksi beberapa catatan tentang shio dan unsur yang berinteraksi dengannya, yang disampaikan Andreas Acui, di tahun tikus ini, pejabat/pemimpin yang mengutamakan diplomasi damai akan mendapatkan tempat dan dukungan kuat seperti air bah menerjang dan menjebol tanggul halangan.

Sebaliknya, yang menyimpan dendam dan api kemarahan akan terjebak dalam situasi yang dirinya tidak akan mampu mengatasinya. Intinya, tahun ini diprediksi adalah tahun bagi orang yang mampu mengendalikan dirinya dan dapat bermain dalam team manajemen yang baik serta menerapkan aturan main yang adil dan berkemanusiaan.

Sementara itu, Shinse Aleng dari Cetya Mandala Puja, yang mencoba meramalkan kejadian masa depan di shio ini melalui mata bathinnya, memprediksikan bahwa di tahun ini cenderung biasa-biasa saja. Ekonomi masih terpuruk, bencana alam masih datang silih berganti. Kesehatan manusia juga tidak begitu bagus. “Layaknya shio tikus yang merupakan nomor awal shio, berarti kita kembali ke awal lagi,” katanya kepada Pontianak Post diwawancarai belum lama ini.

Shinse Aleng juga mengatakan bahwa di bidang pendidikan, banyak siswa yang tidak lulus ujian nasional. “Para remaja kebanyakan tidak fokus pada sekolah. Kebanyakan main,” katanya.

Bagaimana dengan kondisi perekonomian dan perpolitikan khusus di Provinsi Kalbar di tahun tikus? “Wisatawan memang banyak datang ke daerah kita, investor ke luar masuk ke daerah kita, tapi kemajuan perekonomian masih belum bergerak signifikan. Masih harus bekerja keras. Pada tahun tikus ini kita juga harus tetap waspada. Pengambil keputusan harus mengedepankan segala sesuatu dengan musyawarah. Tidak boleh mengambil keputusan sendiri-sendiri. Harus dapat merangkul semuanya,” ujar Aleng yang juga pimpinan Sanggar Mandala ini. (**)


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...